Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

6 Faktor Penting Menjaga Eksistensi Bisnis

Motivator | Pembicara “Remember to celebrate milestones as you prepare for the road ahead.” — Nelson Mandela

Passion selama ini diyakini sebagai inti dari eksistensi sebuah bisnis. Namun selain semangat, motivasi, dan kemauan yang keras, para pemula akan membutuhkan 6 sifat penting lainnya untuk memberikan pijakan kuat pada bisnis mereka.

Pertumbuhan berkelanjutan disebut-sebut sebagai tantangan terbesar yang dihadapi oleh para pengusaha di seluruh dunia. Namun yang menarik, para pengusaha yang tinggal di desa-desa terpencil berhasil mengelola bisnis pertanian tanpa pendidikan tinggi. Meskipun tidak berpendidikan, mereka memiliki jaringan yang kuat antara petani, pedagang, dan pekerja.

Mereka menciptakan investasi jangka panjang tanpa menghabiskan sumber daya yang mereka miliki. Berikut enam fondasi penting untuk menjaga kelangsungan bisnis Anda :

1. Tujuan Otentik

Harus ada aturan mendasar untuk setiap aspek bisnis, seperti rekrutmen, manajemen pelanggan, pengembangan produk, dan penjualan. Untuk melakukannya, Anda perlu menunjukkan alasan yang tepat tentang tujuan Anda memulai bisnis. Bisnis dengan visi yang jelas akan lebih mudah mengembangkan produk dan layanan yang bernilai jual.

Baca juga : Manfaat manajemen value chain bagi bisnis Anda

2. Merek yang Kuat

Untuk menciptakan model bisnis yang terukur, seseorang harus memahami betapa pentingnya menciptakan ekuitas merek dan ikatan emosional dengan pelanggan. Beberapa aturan mendasar dalam menghubungkan, memengaruhi, dan mempertahankan merek Anda, seperti memilih audiens target, hubungan dengan publik, dan menginspirasi konsumen. Komunikasi yang sederhana dan memotivasi memiliki lebih berpotensi daripada komunikasi yang menonjolkan fitur, fungsi, atau ide produk.

3. Kemitraan dan Kolaborasi

Melakukan semuanya sendiri mungkin langkah yang bagus di awal bisnis. Selain menghemat budget, Anda juga bisa mengetahui lebih dalam tentang bisnis Anda sendiri. Sayangnya, ketika Anda mengalami hambatan dalam bidang yang tidak Anda kuasai, maka bekerja seorang diri justru dapat merugikan. Anda bisa memanfaatkan tenaga ahli freelance untuk membantu Anda.

4. Retensi Pelanggan

Kesepakatan pertama yang Anda buat dengan pelanggan menentukan suksesnya retensi yang terjalin dengan pelanggan. Untuk mencari pelanggan baru mungkin lebih mudah, namun untuk mempertahankan pelanggan lama untuk tetap membeli produk Anda butuh usaha yang lebih banyak.

5. Penjualan Berulang

Membuat produk yang unik dan tidak ada pesaingnya saja tidak cukup. Penjualan berulang sangat diperlukan untuk menciptakan model yang terukur. Mendapatkan pelanggan baru bukanlah hal utama, namun mempertahankan penjualan agar terus meningkat lah yang menjadi tantangannya.

6. Kepemimpinan yang Adaptif

Untuk memastikan pertumbuhan bisnis, Anda harus mengembangkan diri sebagai pemimpin. Mengingat bahwa persyaratan perusahaan berubah seiring waktu, seorang pemimpin harus siap untuk berkembang pada tempo yang tepat.

Memulai sebuah bisnis mungkin mudah, namun mempertahankan dan memastikannya terus berkembang adalah tantangan tersendiri. Sebagai seorang pemimpin, sudah tugas Anda untuk terus mengeksplorasi diri demi kemajuan bisnis dan tim Anda.

Semoga bermanfaat!

Translator : PL

Untuk menanyakan mengenai Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Cheristine 0811 3440 909

Sumber: https://www.entrepreneur.com/article/307829

Share on linkedin
LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x