Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Rahasia Tampil Kharismatik Sebagai Pembicara Saat Webinar

Motivator | Pembicara “There are three things to aim at in public speaking: first, to get into your subject, then to get your subject into yourself, and lastly, to get your subject into the heart of your audience.” – Alexander Gregg

Sebagai pembicara, mungkin Anda telah menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk menyempurnakan dan mengasah keahlian Anda di atas panggung. Sekarang semua mulai bergeser ke dunia maya, sehingga Anda harus belajar bagaimana tampil karismatik di depan kamera. Apa yang berhasil di atas panggung tidak selalu bisa diterima dengan baik ketika Anda tampil di layar komputer.

Berikut adalah rahasia bagaimana menjadi karismatik di depan kamera :

1. Ingat Aturan 20%

Kamera bisa membuat Anda tampak lebih besar sekitar 4-5 kg. Kamera juga mengurangi energi yang Anda proyeksikan sekitar 20%. Solusi untuk mengatasi ini adalah Anda harus lebih banyak bersemangat, lalu proyeksikan melalui kamera. Bayangkan sahabat atau orang terkasih duduk di depan Anda, maka akan secara alami Anda akan lebih bersemangat.

Baca juga : Client communication, apakah itu? kenapa penting?

2. Kontak Mata Virtual

Kontak mata adalah salah satu alat yang ampuh. Banyak pembicara merasa kontak mata hilang saat webinar, tetapi harusnya tidak demikian. Kunci kontak mata virtual adalah melihat ke kamera, bukan wajah Anda sendiri. Semakin dekat kamera ke wajah, semakin penting untuk menatapnya. Dan meskipun Anda tidak akan dapat melihat audiens, Anda harus percaya bahwa mereka berinvestasi pada apa yang Anda katakan.

3. Menguasai Bahasa Tubuh

Saat Anda berbicara secara virtual, yang bisa dilihat orang lain hanyalah wajah, kepala, dan bahu. Itu berarti Anda kehilangan sebagian besar kesempatan untuk menggunakan bahasa tubuh.Oleh karena itu, untuk tampil karismatik di depan kamera, Anda harus mengimbanginya.

Ada dua alat bahasa tubuh yang bisa kita gunakan untuk berkomunikasi untuk memberi kesan karismatik. Anda dapat berbicara dengan tangan dan menggunakan ekspresi mikro pada wajah.

4. Ekspresi Mikro

Ekspresi mikro adalah ekspresi wajah yang terjadi dalam sepersekian detik. ‘Kebocoran’ emosi yang tidak disengaja ini mengungkapkan emosi seseorang yang sebenarnya, menurut Paul Ekman. Saat kita berbicara, kita akan fokus mengingat apa yang harus dikatakan, atau memastikan slide bekerja semestinya. Saat otak sedang sibuk mengelola informasi, kita memiliki kilatan emosi singkat yang tidak sesuai dengan apa yang ingin kita ungkapkan, yang akan menyebabkan ekspresi mikro melintas di wajah kita.

Tapi ekspresi mikro juga bisa positif dan meningkatkan pesan. Rahasia untuk berkomunikasi dengan ekspresi mikro positif adalah dengan meresap ke dalam emosi yang Anda coba komunikasikan. Jika selaras dengan hati, maka audiens pun akan menerimanya dengan positif.

Semoga bermanfaat!

Translator : PL

Untuk menanyakan mengenai Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Cheristine 0811 3440 909

Sumber: https://speakerhub.com/skillcamp/how-be-charismatic-camera

Share on linkedin
LinkedIn
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x