Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

4 Hambatan Komunikasi Dalam Tim Dan Cara Mengatasinya

Motivator | Pembicara “Effective teamwork begins and ends with communication.” — Mike Krzyzewski

Seiring dengan tren work from home, semakin banyak pula perusahaan yang menerapkan kerja dari jarak jauh. Sebagian besar tantangan yang muncul pada tren kerja seperti ini adalah masalah komunikasi. Masalah komunikasi dapat berdampak pada kepuasan, motivasi, dan kesehatan mental karyawan, juga merusak produktivitas.

Ada empat jenis hambatan komunikasi yang umum dihadapi perusahaan yang menerapkan kerja jarak jauh dan  tips bermanfaat tentang cara mengatasinya. Apa saja?

Berikut ini adalah 4 jenis hambatan komunikasi yang umum dihadapi saat WFH :

1. Komunikasi Kurang Efektif

Komunikasi yang buruk tidak jarang terjadi dalam pekerjaan virtual, sehingga mengganggu produktivitas. Kurangnya komunikasi real-time dapat menyebabkan karyawan merasa tidak terkoneksi. Tanpa sinyal visual dan gerak tubuh, miskomunikasi bisa sering terjadi.

Dan jika para karyawan tidak menerima feedback yang mereka butuhkan, maka dapat mengakibatkan frustrasi. Buruknya komunikasi juga dapat mengakibatkan konflik antara rekan kerja, tingkat stres yang lebih tinggi, kinerja yang lebih rendah, serta menurunnya kepuasan klien atau pelanggan

Baca juga : Mempromosikan webinar melalui media sosial, bagaimana bisa?

Solusi: Buat panduan komunikasi virtual dan gunakan alat yang memungkinkan komunikasi instan

  • Membuat batas waktu respon, agar tidak ada pesan atau email yang tidak dijawab untuk waktu yang lama.
  • Menentukan jam kerja wajib. Pastikan Anda memilih jam ketika anggota tim dari zona waktu yang berbeda dapat online.
  • Gunakan teknologi yang mendukung komunikasi instan

2. Kurangnya Kepercayaan dan Kohesi

Bekerja jarak jauh mempengaruhi frekuensi dan kualitas komunikasi. Ada lebih sedikit interaksi harian dan komunikasi tatap muka, sehingga mengembangkan kepercayaan dan ikatan dalam kelompok bisa lebih sulit.

Solusi: Pertahankan transparansi dan selalu ada untuk tim

  • Kehadiran Anda dalam tim sangat penting. Berusahalah untuk selalu Ada dan dengarkan keluh-kesah mereka. Juga dorong mereka untuk menghubungi Anda, mengajukan pertanyaan, dan mendiskusikan masalah pekerjaan.
  • Pastikan tim Anda merasa dihormati, karena membantu mengembangkan rasa terikat dan kepercayaan. Ketika tim Anda merasa dihargai, dipercaya, dan didengar, maka akan meningkatkan produktivitas mereka.
  • Berikan feedback secara teratur adalah cara terbaik untuk menyelesaikan masalah apa pun yang mungkin dihadapi tim Anda dari jarak jauh.

3. Menjaga Hubungan Tim

Kurangnya interaksi fisik dalam pekerjaan virtual adalah hambatan yang sangat nyata dan umum untuk komunikasi efektif. Karyawan jarak jauh kehilangan bagian penting dari kehidupan kantor yaitu sosialisasi. Kurangnya interaksi dengan rekan kerja ini menyebabkan semangat tim berkurang, mengakibatkan produktivitas menjadi lebih rendah.

Solusi: Tingkatkan sosialisasi dan interaksi yang santai

  • Bantu tim mengembangkan hubungan persahabatan agar saling mengenal.
  • Ciptakan lebih banyak kesempatan untuk berinteraksi, seperti menyiadakan chat room untuk mengobrol santai.

4. Menyelesaikan Konflik dalam Tim Virtual

Terkadang sulit untuk mengidentifikasi konflik di tempat kerja, terlebih lagi dalam jarak jauh. Namun, konflik yang dibiarkan adalah hambatan untuk komunikasi yang efektif. Anda perlu memperhatikan perubahan perilaku dan tanda-tanda konflik lainnya, seperti perubahan nada suara atau pesan dapat menandakan masalah yang ada.

Solusi: Bersikap proaktif dalam memecahkan masalah

  • Mengabaikan konflik yang sedang berlangsung tidak akan menyelesaikan masalah. Justru masalah akan semakin meluas, maka menyelesaikannya secepat mungkin akan jauh lebih baik.
  • Adakan rapat dengan semua orang yang terlibat. Menahan diri dari membuat penilaian. Rangkum fakta yang Anda ketahui dan ungkapkan masalahnya, lalu biarkan setiap orang yang terlibat dalam konflik untuk berbagi persepsi mereka tentang apa yang sedang terjadi.
  • Setelah fakta dan opini terbuka, tujuan Anda adalah membuat action plan dengan ide-ide untuk memperbaiki masalah.
  • Agar solusi apa pun berfungsi, Anda perlu melibatkan semua orang. Selalu pantau penerapan solusi dari waktu ke waktu.

Komunikasi adalah komponen penting dalam kerja tim. Masalah komunikasi dapat mempengaruhi produktivitas tim, dan lebih gawatnya lagi bisa mempengaruhi kepuasan klien atau pelanggan.

Semoga bermanfaat!

Translator : PL

Untuk menanyakan mengenai Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Cheristine 0811 3440 909

Sumber: https://www.makingbusinessmatter.co.uk/common-communication-barriers/

Share on linkedin
LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x