Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Tips Menjadi Negosiator Yang Sukses

Motivator | Pembicara “Let us never negotiate out of fear. But let us never fear to negotiate.” – John F. Kennedy

Keterampilan negosiasi itu penting karena kita semua berinteraksi dengan orang lain, dan tidak hanya orang lain tetapi juga organisasi dan kelompok lain. Jarang sekali kita menemui seseorang atau kelompok yang menginginkan hal atau hasil yang sama karena perbedaan kepentingan. Oleh karena itu, penting untuk bernegosiasi agar bisa menemukan jalan tengah yang bisa menguntungkan kedua belah pihak.

Memiliki keterampilan negosiasi yang kuat membantu kita menciptakan win-win situation dengan orang lain.

Berikut ini enam keterampilan negosiasi yang efektif, yang wajib Anda kuasai :

1. Persiapan

Persiapan adalah kunci untuk memulai negosiasi. Siap artinya memiliki visi yang jelas tentang apa yang Anda inginkan dan bagaimana Anda akan mencapainya. Artinya tahu betul seperti apa tujuan akhirnya dan apa yang akan Anda berikan untuk mendapatkannya.

Siap juga berarti Anda mengetahui dengan siapa Anda bernegosiasi dan masalah apa yang mungkin ingin mereka kompromikan. Anda juga harus tahu apa yang paling Anda rela korbankan untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan.

Baca juga : 6 faktor penting menjaga eksistensi bisnis

2. Komunikasi yang Jelas

Keterampilan kunci berikutnya yang Anda butuhkan untuk menjadi negosiator yang handal adalah komunikasi yang jelas. Anda harus dapat dengan jelas mengartikulasikan apa yang Anda inginkan kepada pihak lain, baik dalam komunikasi verbal maupun tertulis.

Jika Anda tidak dapat memberi tahu orang lain apa yang Anda inginkan dengan jelas, bagaimana Anda bisa mendapatkannya? Sangat penting untuk dapat berbagi visi yang relevan dan logis dengan orang yang bekerja dengan Anda.

3. Mendengarkan Secara Aktif

Anda harus benar-benar fokus pada pembicara, memahami pesan mereka, memahami informasi, dan merespon dengan tepat. Ini adalah bahan yang diperlukan untuk dapat bernegosiasi. Anda harus dapat sepenuhnya fokus pada keinginan orang lain untuk benar-benar memahaminya. Jika Anda tidak memberikan perhatian penuh kepada mereka, Anda mungkin kehilangan beberapa poin utama dan bisa menyebabkan frustrasi kedua belah pihak.

4. Kerja Sama Tim dan Kolaborasi

Jika Anda hanya memikirkan diri sendiri dan apa yang Anda inginkan tanpa memikirkan apa yang diinginkan orang lain, pasti akan berakhir tanpa solusi. Ketika Anda berkolaborasi, Anda bekerja sama untuk saling membantu mendapatkan apa yang paling penting bagi Anda. Keuntungan lain dari bernegosiasi dengan kerja sama tim dan kolaborasi adalah membantu menciptakan rasa percaya, yang pada akhirnya, membantu memberikan energi positif untuk mencapai kesuksesan.

5. Pemecahan Masalah

Ketika Anda bekerja dengan orang lain untuk menyelesaikan kesepakatan, Anda akan menghadapi beragam tantangan baru untuk mencapai mufakat. Ada solusi untuk sebagian besar tantangan, tetapi dibutuhkan keterampilan pemecahan masalah untuk mengatasinya secara efektif.

6. Kemampuan Pengambilan Keputusan

Kemampuan pengambilan keputusan yang kuat akan membantu Anda mencapai garis finis bersama-sama. Ketika must have list Anda sudah terpenuhi dan lawan bicara Anda juga sudah terpenuhi keinginannya, maka disitulah kemampuan pengambilan keputusan dibutuhkan.

Kita bernegosiasi hampir setiap hari di setiap fase kehidupan kita, maka penting untuk menguasai keterampilan ini. Memiliki keterampilan negosiasi yang kuat akan membantu Anda dalam hampir setiap hubungan, baik di tempat kerja maupun dalam kehidupan pribadi.

Semoga bermanfaat!

Translator : PL

Untuk menanyakan mengenai Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Cheristine 0811 3440 909

Sumber: https://www.lifehack.org/885121/negotiation-skills

Share on linkedin
LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x