Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Langkah-Langkah Menyusun Integrated Marketing Communication

Motivator | Pembicara “The aim of marketing is to know and understand the customer so well the product or service fits him and sells itself.” ~ Peter F. Drucker

Integrated Marketing Communication (IMC) adalah proses perencanaan yang bertujuan untuk memastikan bahwa semua kontak merek untuk produk, layanan, atau organisasi tertentu berlaku dan konsisten untuk pelanggan dalam jangka waktu yang lama. IMC strategis dan kolaboratif serta berfokus pada branding yang kohesif dengan menyelaraskan aktivitas pemasaran di berbagai media untuk memastikan aliran informasi yang konstan dan konsisten untuk menghubungkan konsumen dengan merek.

Bagaimana menyusun strategi Integrated Marketing Communication (IMC)?

Penerapan strategi integrated marketing dapat membantu membangun loyalitas merek di seluruh basis pelanggan tertentu untuk memaksimalkan keuntungan Anda. Strategi ini dapat menarik pelanggan baru yang dikenal karena konsistensi pesan dan keandalannya. IMC bertujuan pada manfaat jangka panjang dengan menciptakan identitas merek yang solid yang konsisten dengan tujuan merek.

Baca juga : Rahasia tampil kharismatik sebagai pembicara saat webinar

Langkah-langkah ini akan membantu Anda memulai strategi IMC :

1. Identifikasi dan pahami audiens target Anda

Yang utama dari semua strategi pemasaran, termasuk pemasaran terpadu, adalah fokus pada audiens target dan sasaran. Anda perlu menemukan audiens yang ingin Anda jangkau, kesamaan kebutuhan mereka, dan apa yang mendorong mereka membeli produk dan layanan. Melakukan riset konsumen untuk mengidentifikasi alasan konsumen harus menjadi fokus awal Anda.

Batasi fokus Anda pada kelompok tertentu dalam rentang terpusat untuk memaksimalkan hasilnya, melalui pemilihan strategis dan pendekatan pengambilan keputusan berbasis data, Anda dapat memperoleh wawasan yang kuat tentang kebiasaan membeli dan kebutuhan basis pelanggan Anda.

2. Tentukan keunikan nilai jual Anda

Analisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan hambatan Anda (analisis SWOT). Wawancara atau survei basis pelanggan yang Anda miliki saat ini dan dapatkan wawasan tentang motivasi pelanggan.

3. Pahami pesaing Anda

Ukur karakteristik yang menentukan merek Anda dibandingkan dengan pesaing Anda. Identifikasi aspek apa dari merek Anda yang sulit untuk ditiru dan fokus pada karakteristik tersebut untuk memberi Anda keuntungan. Semakin sulit kualitas merek Anda untuk diduplikasi, semakin kuat keuntungan yang Anda miliki.

4. Tentukan media pemasaran Anda

Gambarkan apa saja media yang akan Anda gunakan untuk menjangkau pelanggan yang sudah ada dan pelanggan potensial. Pilih media pemasaran yang paling hemat biaya untuk mencapai hasil terbaik, dapat menggabungkan beberapa media seperti media sosial, iklan radio, iklan televisi, media cetak, papan reklame, dan acara langsung.

5. Jalankan rencana Anda

Identitas merek Anda harus menjadi titik fokus dari strategi pemasaran terpadu Anda dan hadir dalam setiap komunikasi yang dikirimkan kepada pelanggan. ‘Pesan asli’ Anda harus tetap konsisten di berbagai platform meskipun mode komunikasinya berbeda. Diksi, pesan, dan sifat identitas merek harus tetap konsisten dan bertahan lama.

6. Evaluasi dan sesuaikan

Gunakan data yang terukur untuk menganalisa keberhasilan strategi pemasaran terpadu Anda. Analisis keberhasilan semua platform komunikasi yang Anda gunakan bisa dengan melihat jumlah web visitor, prospek yang diperoleh, respon survei pelanggan, dan statistik penjualan. Pemantauan aktif akan membantu Anda dalam mengambil keputusan dan strategi lanjutan.

Menyusun strategi pemasaran perusahaan memang tidak mudah, namun bukan berarti tidak mungkin. Komunikasi adalah kunci kelancaran pemasaran terpadu dan untuk itu, sebagai pemimpin.

Semoga bermanfaat!

Translator : PL

Untuk menanyakan mengenai Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Cheristine 0811 3440 909

Sumber: https://www.indeed.com/career-advice/career-development/integrated-marketing-communication

Share on linkedin
LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x