Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Tips Hasilkan Win-Win Solution Saat Negosiasi

Motivator | Pembicara “Successful negotiation is not about getting to ‘yes’; it’s about mastering ‘no’ and understanding what the path to an agreement is.” – Christopher Voss

Dalam hidup, kita akan banyak sekali menemukan perbedaan kepentingan dan negosiasi menjadi jalan untuk menemukan kesepakatan antara dua belah pihak. Negosiasi adalah bagian penting dalam komunikasi dan untuk mencapai sebuah kesepakatan, dibutuhkan kemampuan negosiasi yang baik agar menghasilkan win-win solution.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk memenangkan negosiasi :

1. Pahami bahwa Negosiasi adalah ‘Proses Saling Menekan’ dan itu Wajar

Negosiasi pada dasarnya membuat stress. Negosiasi adalah ‘permainan’ berisiko tinggi karena semuanya dipertaruhkan. Rasa cemas itu wajar. Apakah Anda sedang menegosiasikan gaji, investasi, atau apa pun, penting untuk mempersiapkan diri.

Baca juga : Tips menjadi negosiator sukses

2. Ketahui Nilai Anda

Sebelum Anda bernegosiasi, Anda harus memiliki pemahaman yang jelas tentang nilai Anda. Anda harus memiliki pemahaman yang baik tentang bagaimana keterampilan Anda akan menambah nilai bagi perusahaan.

3. Pahami Emosi Anda dan Emosi Orang Lain

Ketika Anda memahami emosi Anda dan berusaha menjadi cerdas secara emosional, Anda dapat mengantisipasi apa yang orang lain rasakan dan meresponnya dengan tepat. Anda perlu memahami, menyalurkan, dan belajar dari emosi Anda untuk beradaptasi dengan situasi yang dihadapi. Anda harus siap secara emosional untuk bernegosiasi.

4. Lakukan Banyak Penelitian

Anda tidak dapat mengetahui apakah yang Anda negosiasikan sudah adil atau pantas tanpa penelitian. Negosiasi tanpa informasi yang cukup hanya membawa bencana. Anda perlu melakukan beberapa riset sebelum memulai negosiasi sebagai amunisi untuk saling berunding.

5. Pahami Apa yang Memotivasi Pihak Lain

Bagi sebagian orang, status itu penting. Namun bagi sebagian lainnya, uang dan sumber daya itu penting. Terlepas dari sisi mana Anda berpihak, Anda perlu memahami apa yang memotivasi orang-orang yang Anda ajak negosiasi.

6. Jangan Menunggu ‘Sempurna’

Kesempurnaan bukanlah jaminan untuk kemajuan. Anda tidak harus sempurna untuk memulai negosiasi atas apa yang Anda inginkan.Jika Anda menunggu sempurna, Anda mungkin tidak akan pernah mencari kenaikan gaji atau promosi dalam karir Anda.

7. Katakan Jika Takut

Jika Anda adalah tipe orang yang menghindari konflik dan bernegosiasi membuat Anda takut, Anda harus tahu bahwa Anda dapat bernegosiasi sambil merasa takut. Anda tidak harus berani bernegosiasi. Anda dapat meminta apa yang Anda inginkan, bahkan ketika itu membuat Anda takut.

8. Terima Keputusan dengan Besar Hati

Tidak semua kesempatan datang untuk Anda. Terlepas dari seberapa besar Anda menginginkan posisi, rumah, atau promosi, Anda harus menerimanya dengan lapang dada, meskipun hasilnya bukan yang Anda harapkan. Jangan biarkan diri Anda putus asa dan akhirnya menerima apapun hasilnya meskipun tidak menguntungkan di masa depan.

9. Bersikap Terbuka

Anda perlu bertanya apakah besaran yang Anda minta sesuai dengan pengalaman atau kinerja Anda?  Sangat penting untuk mendengar pendapat mereka agar kesepakatan yang dihasilkan menguntungkan kedua belah pihak.

10. Carilah Win-Win Solution

Negosiasi bukanlah tentang siapa yang menang. Berusahalah untuk bernegosiasi dengan cara yang bisa ‘memenangkan’ kedua belah pihak. Cara terbaiknya adalah melakukan banyak riset, memahami apa yang memotivasi pihak lain dan bersedia menunjukkan dan membedakan emosi. Jangan lupa untuk selalu mendengarkan dengan seksama selama negosiasi untuk mengenali kebutuhan mereka.

11. Jujur

Saat Anda bernegosiasi untuk posisi baru, jelaskan apa yang Anda butuhkan. Jujurlah pada diri sendiri agar bisa jujur ​​pada orang lain. Jika tawaran itu mewakili 70 persen dari apa yang Anda inginkan, jangan buang 30 persen yang tidak Anda terima. Jika Anda jujur, Anda dapat membuat keputusan berdasarkan informasi tentang apakah posisi tersebut memang sesuai dengan minat Anda atau apakah Anda harus membuka diri untuk peluang lain.

Semoga bermanfaat!

Translator : PL

Untuk menanyakan mengenai Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Cheristine 0811 3440 909

Sumber: https://www.lifehack.org/818985/how-to-negotiate

Share on linkedin
LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x