Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

NLP Practitioner by Ongky Hojanto

Motivator | Pembicara NLP bukan hanya tentang psikologi tapi juga berbicara tentang komunikasi, sibernetika, neorologi, linguistik, terapi, manajemen, medis, dan cabang-cabang ilmu lainnya.

Ada banyak definisi mengenai NLP itu sendiri. Salah satunya adalah majalah TIME yang mendefinisikan NLP  sebagai “NLP gas untapped potensial for treating individual problems. It has metamorphosed into aj all-purpose sel-improvement program and technology” atau “NLPi telah berhasil menggali potensi untuk menangani berbagai masalah kehidupan berupa program dan teknologi pengembangan pribadi yang bisa diterapkan dalam bidang apapun.”

Pada tanggal 27 Maret 2022, NLP Academy by Ongky Hojanto menyelenggarakan kelas NLP Practitioner Offline yang diadakan di Gloria Suites Hotel Jakarta. Kelas NLP Practitioner Offline ini diadakan agar para peserta kelas NLP Practitioner dapat mempraktekkan apa yang sudah dipelajari selama kelas online.

Secara rinci, apa yang sudah disampaikan dan diajarkan saat kelas NLP Practitioner Offline adalah sebagai berikut :

1. Outcomes Mastery, yang terdiri dari beberapa hal yaitu :

  • Welform Outcomes (WFO), adalah merancang, menyusun dan merealisasikan hasil, tujuan atau impian yang mau dicapai.
  • Chunking, adalah pengelompokkan yang dapat membantu Anda mengelompokkan informasi dan memutuskan kategori apa yang akan digunakan.
  • Neuro Logical Level (NLL), adalah hal yang mengacu pada sistem proses berpikir dan terjadi pada berbagai tingkatan level.
  • Score Model, adalah teknik yang memungkinkan kita untuk memulai mengatasi masalah dari berbagai sisi dan sudut pandang. 

2. Mindset Mastery, terdiri dari value & belief, dan juga presipposition :

  • Value diartikan sebagai sesuatu yang dianggap penting dan dikaitkan dengan keyakinan yang dimiliki. Sedangkan Belief adalah asumsi yang dimiliki oleh orang internal dan juga eksternal.
  • Presupposition, merupakan asumsi-asumsi dasar dalam pembelajaran NLP, dan dapat dimaknai sebagai asumsi-asumsi yang memberdayakan.

3. Therapy, dalam bab therapy ini akan menjadi dua part yaitu part 1 dan part 2. Untuk therapy part  1 terdiri dari :

  • Anchor, merupakan sebuah teknik yang digunakan untuk menjangkarkan suatu state of mind seseorang, sehingga dapat distimulus kapan saja dan dimana saja.
  • Fast Phobia Cure, merupakan sebuah tekni yang secara khusus digunakan untuk mengatasi phobia dengan cepat.
  • Swish Pattern, merupakan sebuah teknik yang digunakan untuk menciptakan perubahan dari perilaku yang tidak diinginkan menjadi perilaku yang diinginkan.
  • New Behavior Generator, merupakan teknik yang dapat digunakan untuk mengubah perilaku.

Sedangkan untuk Therapy part 2 terdiri dari :

  • Reframing, adalah teknik yang berguna untuk menetralisir mental block negatif yang berkaitan dengan pengalaman buruk yang pernah di alami.
  • Six Step Reframing, adalah teknik yang dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah mental dan juga fisil dengan mengakses bagian dari diri Anda yang bertanggung jawab atas masalah tersebut.

4. Humanskill Mastery, terdiri dari Meta Program :

  • Meta Program, yaitu salah satu teknik untuk menfilter ketika memproses suatu informasi yang masuk. Meta Program ini juga mengajarkan untuk mengatur bagaimana manusia belajar mempersepsikan sesuatu yang dilihatnya.

5. Communication Mastery, sama dengan bab therapy yang memiliki 2 part. Bab Communication Mastery ini juga memiliki 2 part didalamnya. Part pertama terdiri dari :

  • Meta Model, adalah seperangkat alat pengumpul informasi linguistic yang dirancang untuk menghubungkan kembali bahasa seseorang dengan pengalamannya dan direspresentasikan dengan bahasa tersebut.

Adapun part kedua dari Communication Mastery adalah :

  • Milton Model, adalah teknik yang menggunakan informasi abstrak untuk membuat seseorang masuk pada kondisi trance, sehingga setiap sugesti yang diberikan dapat masuk dan sedikit intervensi.
  • Metafora, adalah suatu bentuk perumpamaan, kiasan, atau pengibaratan untuk membuat perbandingan atau hubungan yang mungkin jelas atau terselubung antara beberapa hal.

Demikian adalah hal-hal penting yang sudah saya tuliskan mengenai acara NLP Practitioner Offline yang sudah diselenggarakan pada Sabtu, 27 Maret 2022 lalu. Setelah acara tersebut berlangsung baik dan lancar tanpa kendala, diharapkan para peserta dapat memahami dan juga mempraktekkan hal-hal yang sudah diajarkan dan juga dicontohkan saat acara.  

Semoga bermanfaat!

Translator : PL

Untuk menanyakan mengenai Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Isabelle 0811 3440 909

Sumberhttps://www.entrepreneur.com/article/277280

Share on linkedin
LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x