Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

MENGAPA SETIAP KARYAWAN HARUS MENGIKUTI PELATIHAN KOMUNIKASI?

Motivator | Pembicara

“To effectively communicate, we must realize that we are all different in the way we perceive the world and use this understanding as a guide to our communication with others.” – Tony Robbins

Komunikasi yang baik adalah salah satu keterampilan terpenting yang harus dimiliki karyawan. Komunikasi adalah inti dari setiap bisnis, bahkan seorang karyawan yang hanya duduk pun masih dapat berkomunikasi dengan orang lain, baik melalui telepon atau email. Mampu menyampaikan informasi dengan jelas membuat pekerjaan lebih efisien, dapat dimengerti, dan tidak membuat frustrasi.

Sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di perusahaan, setiap karyawan harus mengikuti pelatihan komunikasi. Bahkan pemimpin perusahaan pun belum tentu seorang komunikator yang baik, tetapi dengan memiliki keterampilan komunikasi yang baik maka masa depan perusahaan bisa lebih baik.

Selalu ada ruang untuk memperkaya diri, dan setiap orang dapat belajar dari pelatihan komunikasi,. Peningkatan komunikasi kerja berhubungan dengan kepuasan kerja, peningkatan kinerja perusahaan, peningkatan produktivitas yang lebih baik, dan karyawan yang lebih berdaya.

Baca Juga : Kenapa Seorang Pembicara Harus Pandai Berbicara?

Pelatihan komunikasi di seluruh perusahaan dapat mengubah organisasi, tetapi berikut adalah tiga manfaat terbesar:

1. Peningkatan komunikasi di tempat kerja.

Karyawan di perusahaan mana pun menghabiskan banyak waktu mereka untuk berkomunikasi satu sama lain. Bahkan sesuatu yang sederhana, seperti saling sapa atau bertanya kabar melibatkan komunikasi antarpribadi.

Banyak karyawan tidak memikirkan emosi rekan kerja mereka, yang dapat menyebabkan konflik dan politik di kantor. Tanpa mempertimbangkan perasaan orang lain, karyawan dapat mengatakan hal-hal yang menyinggung rekan kerja mereka dan menciptakan permusuhan. Meskipun komunikasi terbuka adalah tujuannya, teta tidak boleh mengorbankan perasaan orang lain.

Pelatihan komunikasi mengajarkan karyawan bagaimana mengendalikan emosi mereka dan mempertimbangkan kebutuhan orang lain. Banyak karyawan juga yang tidak tahu bagaimana ‘meminta sesuatu’, karena menghindari kecanggungan di tempat kerja. Mengajari karyawan bagaimana membela diri mereka sendiri dan meminta sesuatu secara jelas dan ringkas adalah bagian penting dari pelatihan komunikasi.

2. Komunikasi tertulis yang lebih jelas.

Di dunia digital seperti saat, begitu banyak komunikasi yang dilakukan secara tertulis, mulai dari chat hingga email atau postingan di media sosial adalah bagian dari komunikasi. Karyawan harus mengetahui aturan menggunakan media sosial dan email. Ini sangat penting secara teknis, di mana email yang tidak jelas dapat membahayakan kelangsungan bisnis. Jangan meremehkan kekuatan kata-kata yang tertulis dan bagaimana efeknya dapat memengaruhi pekerjaan dan hubungan dengan pelanggan.

3. Merek yang lebih kuat.

Setiap karyawan berkontribusi pada merek perusahaan, jadi penting untuk memiliki perusahaan yang di dalamnya karyawan saling berkomunikasi dengan baik. Seorang karyawan yang memiliki interaksi komunikasi yang buruk dengan pelanggan dapat berdampak negatif pada merek. Pelatihan komunikasi membantu membangun konsistensi dalam standar komunikasi sehingga karyawan mengetahui apa yang dimaksud dengan merek dan bagaimana berkomunikasi dengan rekan kerja dan pelanggan dalam berbagai situasi.

Komunikasi pada tingkat individu juga memainkan peran besar dalam membangun merek pribadi setiap karyawan. Bagaimana seseorang berkomunikasi menggambarkan tentang siapa mereka, dan dalam banyak kasus, komunikasi berperan besar dalam menciptakan kesan pertama yang orang lain miliki tentang mereka.

Keterampilan komunikasi yang kuat bermanfaat secara individu dan organisasi. Pesan yang tidak jelas dapat menimbulkan kebingungan, baik secara internal maupun eksternal. Segera daftarkan perusahaan Anda untuk mengikuti Workshop Public Speaking Mastery DISINI atau bisa hubungi Ms. Isabelle (0811 3440 909) untuk info lebih lanjut.

Semoga Bermanfaat!

Sumber: https://www.forbes.com/sites/blakemorgan/2018/01/24/why-every-employee-at-your-company-should-have-communications-training/?sh=7db02704279d

Share on linkedin
LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x