Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

5 Strategi Menangkan Negosiasi

Motivator | Pembicara “Let us never negotiate out of fear. But let us never fear to negotiate.” – John F. Kennedy Negosiasi terlihat sulit dan bisa lebih sulit jika Anda melakukannya dengan salah. Memasang wajah sangar, bersikap kaku, bicara tegas, berharap lawan bicara terintimidasi bukanlah strategi negosiasi yang benar. Jika berhasil sesekali, mungkin karena Anda sedang beruntung, tetapi setelah itu, Anda harus mencari cara lain.

Berikut lima strategi yang bisa membuat Anda memenangkan negosiasi :

1. Mengeksplorasi Pikiran Lawan

Siapkan daftar pertanyaan untuk diajukan kepada ‘lawan’ Anda. Masuk ke kepala mereka dan selami apa yang mereka pikirkan. Ajukan pertanyaan terbuka sebanyak mungkin untuk memahami apa yang mereka inginkan, situasi dan kebutuhan mereka. Tujuan bertanya bukan untuk memastikan bahwa Anda bisa menang, namun untuk menggali informasi sebanyak mungkin sebagai ‘senjata’ Anda bernegosiasi.

2. Bangun Hubungan

Dua orang yang memiliki kesamaan dua kali lebih mungkin untuk mencapai kesepakatan dan tingkat keberhasilannya bisa lebih dari 80%. Oleh karena itu, gunakan informasi pribadi tentang diri Anda sebagai taktik negosiasi; dimana Anda pernah tinggal, bekerja atau hobi.

Baca Juga : 5 Ketakutan Bicara Di Depan Umum

3. Tidak Ada Yang Gratis

Ada aturan dalam bernegosiasi yaitu tidak ada yang gratis. Jangan memberikan apa pun kecuali Anda mendapatkan sesuatu sebagai balasannya.

4. Banyak Berlatih

Banyak orang yang tidak suka bermain peran. Sebaliknya, Anda harus melakukannya sebagai bagian dari berlatih bernegosiasi, misalnya dengan rekan kerja. Lakukan negosiasi untuk hal-hal yang sederhana, seperti memilih tempat makan siang atau menu makan makan siang. Anda akan menyadari bahwa mereka akan mengajukan pertanyaan yang tidak pernah Anda pikirkan dan menempatkan Anda pada posisi yang sulit. Jika Anda ingin menang dalam negosiasi, maka Anda perlu persiapan yang matang.

5. ‘Amankan’ Kesepakatan Dengan Mendokumentasikannya

Banyak kesepakatan yang sudah disepakati, kemudian hancur berantakan setelahnya. Kegagalan dalam mendokumentasikan hasil negosiasi membuat semua upaya yang Anda lakukan sedari awal menjadi sia-sia. Selalu buat dokumentasi kesepakatan dengan orang yang Anda ajak negosiasi. Tulis ringkasan semua poin penting dan pastikan kedua belah pihak sepakat.

Keterampilan negosiasi adalah bagian dari kemampuan komunikasi yang harus dimiliki. Dalam semua transaksi, pasti akan terjadi negosiasi, dan disinilah kemampuan komunikasi Anda diuji. Strategi di atas tidak akan berjalan lancar jika tidak didukung dengan kemampuan Anda dalam mengomunikasikannya.

Semoga bermanfaat!

Translator : PL

Untuk menanyakan mengenai Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Isabelle 0811 3440 909

Share on linkedin
LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x