Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Tips Meningkatkan Daya Ingat

Motivator | Pembicara “No one can ever take your memories from you – each day is a new beginning, make good memories every day.” – Catherine Pulsifer

Ada banyak cara untuk meningkatkan daya ingat Anda dan semakin banyak Anda berusaha, semakin baik hasil yang Anda dapatkan. Memori adalah mekanisme di mana kita dapat menyimpan, mempertahankan, dan mengingat informasi.

Tidak sesederhana kedengarannya, sebaliknya prosesnya adalah proses yang kompleks yang melibatkan banyak bagian otak yang berbeda. Semakin rajin Anda melatih otak Anda dan memeliharanya dengan pola makan yang baik dan kebiasaan yang sehat, semakin baik Anda dapat memproses dan mengingat informasi. Untuk meningkatkan daya ingat, antar jaringan otak harus saling berkomunikasi.

Berikut 8 tips ampuh yang bisa meningkatkan daya ingat Anda :

1. Rutin Melatih Otak Anda

Cara terbaik untuk melatih otak adalah dengan terlibat dalam pengalaman baru atau mengeksposnya ke berbagai stimulasi sensorik. Saat Anda berhenti dari rutinitas atau melakukan sesuatu yang menantang, Anda menciptakan jalur otak baru. Misalnya mengambil rute yang berbeda saat berangkat kerja. Contoh stimulasi sensorik yaitu mencium aroma tertentu sambil mendengarkan musik tertentu. Untuk membangkitkan aktivitas otak dengan cara yang berbeda, Anda dapat melakukan sesuatu yang memancing otak untuk menghafal.

2. Latihan Fokus

Sangat sulit untuk mengingat sesuatu jika Anda tidak pernah mempelajarinya sejak awal. Dibutuhkan sekitar delapan detik fokus untuk memproses sepotong informasi melalui hipokampus dan mengarahkannya ke pusat memori yang tepat. Jika Anda tidak berkonsentrasi, mudah teralihkan, atau melakukan beberapa hal sekaligus, peluang Anda untuk mendapatkan kembali informasi tertentu sangat kecil.

Baca Juga : Tantangan Terbesar Dalam Komunikasi

3. Menggunakan Indera Sebanyak Mungkin

Meskipun ada banyak gaya belajar yang berbeda, seperti visual, auditori, dan kinestetik (sentuhan), alangkah baiknya jika Anda dapat menggabungkan semuanya dalam proses mencoba mengingat sesuatu. Jika Anda tipe yang suka visual, Anda dapat membaca dengan keras, atau melafalkannya sambil bersenandung agar dapat mengingatnya dengan lebih baik. Menghubungkan informasi dengan warna, tekstur, bau dan rasa juga sangat membantu meningkatkan memori Anda.

4. Mengatur Informasi

Cara terbaik untuk mengingat hal-hal baru adalah dengan membuat asosiasi dan menghubungkan informasi dengan apa yang sudah Anda ketahui. Tulis hal-hal penting di buku catatan, lalu atur ulang informasinya secara komprehensif untuk menyimpannya.

5. Me-review Apa Yang Sudah Di Pelajari.

Review kembali apa yang telah Anda pelajari pada hari yang sama saat Anda mempelajarinya, dan review secara berkala. Ketika Anda rutin melakukannya, informasi itu menjadi tertanam dalam ingatan Anda dan akhirnya jauh lebih mudah untuk diingat.

6. Gunakan Memonik

Mnemonik adalah alat memori atau teknik yang digunakan untuk mengingat informasi yang sulit. Mnemonik adalah petunjuk apa pun yang membantu kita mengingat sesuatu, biasanya dengan mengaitkannya dengan gambar visual, kalimat, atau kata. Misalnya, “30 hari telah September, April, Juni dan November” adalah mnemonik untuk mengingat jumlah hari di setiap bulan kalender.

7. Berolahraga Secara Teratur, Tidur Yang Cukup Dan Pola Makan Yang Sehat.

Keduanya bermanfaat dalam meningkatkan oksigen ke otak dan mengurangi risiko gangguan kesehatan, seperti diabetes dan penyakit jantung. Kesehatan yang buruk, berkontribusi pada hilangnya ingatan. Tidur di perlukan untuk konsentrasi dan pemikiran yang jernih, sementara kebiasaan makan yang baik memasok nutrisi yang di butuhkan untuk menyehatkan otak.

8. Tetap Termotivasi Dan Pertahankan Sikap Positif

Sikap positif membantu Anda untu lebih mudah mengingat informasi.

Dengan menerapkan tips dan strategi di atas ke dalam rutinitas Anda, maka Anda dapat meningkatkan daya ingat Anda secara signifikan.

Semoga Bermanfaat!

Translator : PL

Untuk menanyakan mengenai Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Isabelle 0811 3440 909

Share on linkedin
LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x