Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Mengubah Small Talk Menjadi Smart Talk

Motivator | Pembicara “Small talk is the biggest talk we do.” – Susan RoAne

Small talk atau obrolan ringan atau santai adalah bagian penting dari perilaku manusia yang banyak tidak disukai para pebisnis secara aktif. Mereka melihat small talk hanya buang-buang waktu, kecuali yang dibahas tentang pekerjaan. Namun tidak bisa dipungkiri, small talk adalah soft skill yang sangat diremehkan. Padahal untuk mendekati pelanggan atau membangun relasi bisnis, Anda harus membangun hubungan baik.

Small talk seringkali menjadi awal sebelum masuk ke obrolan yang lebih serius. Banyak orang yang lebih nyaman melakukan small talk sebelum masuk ke topik yang lebih besar. Jika menghindari small talk, Anda mungkin kehilangan peluang untuk mendapatkan koneksi.

Small talk sangat penting dalam membangun dan memelihara hubungan, karena melibatkan kecerdasan emosional yang membuatnya berbeda dari pidato.

4 Langkah Sukses Memulai Small Talk :

1. Ajukan Pertanyaan Terbuka

2. Berlatih Mendengarkan Secara Aktif (Perhatikan orang lain, perhatikan bahasa tubuh mereka, dan jangan mengabaikannya! Tetap fokus, ajukan pertanyaan yang relevan dan ingat detailnya untuk nanti dalam obrolan.)

3. Jangan Sibuk Dengan Gadget (Orang tidak akan mau mendekati Anda jika mereka melihat Anda sibuk sendiri!)

4. Tunjukkan Antusiasme

Baca Juga : Bagaimana Cara Menghadapi Kritik?

Tips Mengubah Small Talk jadi Smart Talk :

1. Perkenalkan Diri Anda

2. Mintalah Informasi Dari Orang Lain

3. Beri Pujian

4. Mengomentari Sesuatu Yang Menyenangkan

5. Menawarkan Bantuan

6. Ceritakan Pengalaman Bersama

7. Tanyakan Tentang Mereka

Berbicara dengan orang asing tidak selalu mudah bagi sebagian orang, bahkan bagi mereka yang termasuk individu yang percaya diri. Hal terbaik yang bisa dilakukan adalah mengajukan pertanyaan dan membuat orang lain berbicara. Pertanyaan bisa menjadi apa saja yang diperlukan untuk membuat percakapan tetap berjalan dan membuat Anda berdua merasa nyaman. Dan kemudian setelah mereka selesai berbicara, ajukan pertanyaan lanjutan.

Pilih topik yang umum untuk Anda berdua. Bereaksi terhadap komentar dengan semangat. Jika orang lain membuat lelucon, tertawalah. Jika percakapan terasa membosankan, temukan cara yang untuk menutupinya, namun jangan terlihat canggung, sehingga mereka akan mengingat Anda sebagai pribadi yang baik.

Ingat, bahwa manusia adalah makhluk sosial. Kita semua butuh berbicara, entah itu tentang urusan pribadi, kegiatan sehari-hari ataupun urusan profesional. Dan semuanya selalu diawali dengan Small Talk yang tidak bisa diremehkan perannya. Lewat small talk, keterampilan komunikasi Anda diuji.

Semoga Bermanfaat!

Untuk menanyakan mengenai Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Isabelle 0811 3440 909

Share on linkedin
LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x