Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Tips Menulis Pidato Motivasi

Motivator | Pembicara “Speech is power. Speech is to persuade, to convert, to compel. It is to bring another out of his bad sense into your good sense.” – Ralph Waldo Emerson

Pidato motivasi adalah pidato yang bertujuan untuk menginspirasi audiens untuk membuat perubahan dalam hidup mereka. Biasanya memiliki tujuan yang jelas, cerita pribadi yang ditulis untuk audiens tertentu dan kesimpulan yang mencakup ajakan untuk bertindak. Pidato motivasi memiliki banyak manfaat, termasuk meningkatkan pengembangan pribadi, menginspirasi orang untuk mengambil tindakan dalam suatu tujuan, memberikan perspektif baru, mengurangi ketakutan, membangun kepercayaan diri, dan meningkatkan kinerja.

Jika dilakukan secara efektif, pidato motivasi dapat memicu audiens untuk melakukan perbaikan bagi diri mereka sendiri atau masyarakat. Meskipun ada berbagai cara yang dapat Anda pilih untuk menulis pidato motivasi, ada beberapa komponen utama yang terlibat dalam menulis pidato yang efektif dalam membujuk audiens untuk membuat perubahan.

Berikut adalah daftar langkah-langkah yang dapat Anda ikuti saat menulis pidato motivasi :

1. Tentukan tujuan Anda

Sebelum menulis pidato, tentukan tujuan pidato Anda. Setelah memilih tema, Anda dapat menulis sisa pidato terkait dengan tujuan utamanya.

2. Kenali audiens Anda

Lakukan riset demografi audiens Anda, seperti usia dan tingkat pendidikan mereka. Menulis untuk audiens yang tepat dapat membantu Anda membangun hubungan yang lebih kuat dengan mereka dan mereka mungkin lebih berempati dengan tujuan Anda.

3. Mulailah dengan sebuah ‘pancingan’

Unsur pertama pidato adalah pendahuluan, yang melibatkan ‘pancingan’. Penulis menggunakan cara ini untuk melibatkan audiens dan mendapatkan perhatian mereka sehingga mereka tertarik untuk mendengar lebih banyak dari apa yang Anda katakan. Anda bisa mengajukan pertanyaan, menggunakan data statistik, anekdot (cerita pribadi), atau memulainya dengan kata “bayangkan” atau “bagaimana jika” untuk memancing audiens.

Baca Juga : JHT Dalam Public Speaking

4. Sertakan narasi

Setelah Anda memulai perkenalan, masukkan narasi pribadi agar Anda terhubung dengan audiens pada tingkat yang lebih pribadi. Narasi juga memberi Anda kesempatan untuk lebih mengenalkan topik dan membuat mereka lebih tertarik pada bagaimana narasi Anda berhubungan dengan tujuan keseluruhan pidato.

5. Sertakan ajakan bertindak

Setelah menyimpulkan narasi dan Anda merasa telah meyakinkan audiens tentang tujuan yang Anda maksud, akhiri pidato dengan ajakan bertindak, yang meminta audiens untuk mengambil tindakan tertentu. Cobalah untuk menutup pidato dengan kata-kata yang kuat, yang dapat membuat mereka merenungkan bagaimana mereka dapat mengambil tindakan dan membuat perubahan itu untuk diri mereka sendiri.

6. Akhiri pidato Anda

Bagian akhir pidato adalah kesimpulan. Isi bagian penutup pidato Anda dengan poin-poin yang paling penting karena Anda dapat mengulangi tujuan Anda dan membantu mendorong perubahan positif dalam hidup mereka. Anda bisa menggunakan ringkasan, menghibur audiens dengan anekdot, atau mengajukan pertanyaan yang bisa membuat mereka berpikir untuk bertindak.

7. Review pidato Anda

Setelah menyelesaikan pidato, beri diri Anda waktu sebelum mengeceknya kembali sehingga Anda dapat menganalisanya dengan jelas. Saat Anda melihatnya, coba baca dengan keras untuk menentukan apakah Anda perlu membuat perubahan agar berjalan lebih lancar. Setelah selesai mengecek pidato, Anda dapat berlatih untuk memutuskan intonasi dan kecepatan yang tepat untuk digunakan saat berpresentasi di depan audiens.

Memotivasi audiens lewat pidato bukan hal yang mudah, namun bukan juga mustahil dilakukan. Langkah-langkah di atas bisa membantu Anda untuk membuat pidato motivasi yang berkesan di hati audiens Anda.

Untuk menanyakan mengenai Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Isabelle 0811 3440 909

Semoga Bermanfaat!

Share on linkedin
LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x