Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Bagaimana Cara Membangun Kepercayaan Diri?

Motivator | Pembicara “When you have a lot of confidence and you feel like nobody can beat you, it’s game over for everyone else.” – Jason Day

Kita sendiri yang bertanggung jawab dalam membangun kepercayaan diri. Kita tidak bisa bergantung pada, atau menunggu persetujuan orang lain. Kita harus melihat diri kita layak dan mampu mencapai apa pun yang kita ingin capai.

Pada akhirnya, bagaimana kita melihat diri kita sendiri lebih penting daripada bagaimana orang lain melihat kita. Jika kita tidak berusaha untuk mencintai dan menerima diri kita sendiri, bagaimana orang lain bisa menghargai kita? Pernahkah Anda merasa bahwa Anda tidak lebih baik dari orang lain?

Intinya adalah bahwa apa yang Anda pikirkan dan bagaimana Anda memproyeksikan diri Anda lebih penting daripada sekadar memiliki fisik yang rupawan. Membangun kepercayaan diri bukan hanya cara yang bagus untuk menarik orang lain, tetapi juga cara yang bagus untuk merasa nyaman dengan diri sendiri. Lantas apa yang bisa kita lakukan?

1. Akui bahwa Anda Unik.

Percaya pada diri sendiri dan tahu bahwa Anda istimewa. Tidak ada orang lain seperti Anda di planet ini. Tidak ada yang mirip seperti Anda, memiliki bakat, pengalaman, atau perspektif yang sama seperti Anda. Tidak perlu membandingkan, iri, atau menyesal.

2. Berikan yang Terbaik.

Memberikan yang terbaik membuat Anda tidak takut mengambil risiko atau keluar dari zona nyaman, keduanya sangat membangun kepercayaan diri.

Baca Juga : Tips Menjadi Negosiator Yang Sukses

3. Bertahan.

Setiap orang memiliki tantangan berbeda yang harus dihadapi. Jangan biarkan mereka merusak kepercayaan diri Anda. Jadikan mereka sebagai kesempatan untuk memperkuat tekad Anda dan kemudian bertahan.

4. Mengatasi Kesulitan.

Mengalami kehilangan, jatuh, sedih, kemudian bangkit kembali, memunculkan harapan. Pengalaman itulah yang memperkuat kepercayaan diri.

5. Menyelesaikan Sesuatu.

Rasa percaya diri meningkat ketika Anda tahu Anda bisa melakukan apa yang Anda pikirkan, sehingga membuat Anda merasa tak terhentikan.

6. Fokus pada Siapa Diri Anda menurut Anda Sendiri.

Anda tidak ditentukan oleh apa yang terjadi pada Anda dan bagaimana orang lain melihat Anda. Anda adalah siapa yang Anda pikirkan.

7. Hadapi Ketakutan Anda.

Menyerah pada rasa takut akan menghancurkan kepercayaan diri Anda. Rasa takut adalah perasaan wajar bagi manusia, namun menghadapi keadaan dengan keberanian dan ketenangan dapat memperkuat karakter dan membangun kepercayaan diri.

8. Jangan Samakan Rupawan dengan Kepercayaan Diri.

Rupawan mungkin dapat membantu Anda lebih percaya diri, namun itu saja tidak cukup.

9. Jaga Kesehatan.

Ketika tubuh Anda sehat, Anda pasti akan merasa percaya diri untuk melakukan yang terbaik.

10. Pelajari Cara Menyemangati Diri Sendiri.

Semua orang pasti pernah sedih, ragu, dan bingung. Ketika itu terjadi, Anda harus belajar bagaimana mengembalikan kepercayaan diri. Salah satu caranya adalah dengan memahami bahwa setiap orang pasti melewati saat-saat seperti itu. Cara lainnya adalah dengan mengingat keberhasilan di masa lalu, memvisualisasikan hasil yang diinginkan, dan terus melakukannya.

Percaya diri sangat penting untuk mencapai kesuksesan dalam usaha apa pun. Anda bisa mendapatkannya dengan terus belajar dan bertahan apa pun hasilnya.

Semoga Bermanfaat!

Share on linkedin
LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x