Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Motivator | Pembicara Aksi demo mahasiswa di 11 April 2022, tidak lepas dari keinginan mereka untuk menyuarakan beberapa hal, termasuk penolakan wacana perpanjangan masa jabatan Presiden menjadi tiga periode. Walaupun, wacana ini sebetulnya telah di mentahkan berkali-kali oleh Presiden.

Demonstrasi di jabarkan sebagai tindakan massa yang mendukung, menolak, atau mengoreksi kebijakan pemerintah pusat atau daerah dan kegiatan ini sah-sah saja di negara demokrasi. Namun tidak semua demonstrasi berjalan seperti tujuan awal.

Penyampaian pesan serta agenda sering kali tidak terkirimkan dengan baik dan tentunya hal ini “merusak” atraksi yang telah di rancang. Penyampaian pendapat dalam demostrasi sama hal nya dengan penyampaian pesan dalam public speaking.

Berikut adalah teknik DEMO yang dapat menjadi bahan acuan untuk meningkatkan efektifitas terkirimnya pesan Anda.

1. Define your goal

Teori komunikasi dari Harold Lasswell di kenal dengan istilah “5W” model of communication, focus pada : “Who (says) What (to) Whom (in) Which Channel (with) What Effect”

Akhir dari sebuah komunikasi adalah what effect yang ingin di ciptakan atau dampak dari komunikasi yang di harapkan oleh pengirim. Oleh Onong Uchjana Effendy dalam bukunya Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi (2003) menjabarkan tujuan komunikasi kedalam 4M : Menyampaikan informasi, Mendidik, Menghibur, Mempengaruhi.

Anda harus tahu, mau ke mana. Barulah Anda memutuskan apa yang harus di lakukan untuk sampai ke sana. Kira-kira itulah penjelasan awal untuk poin ini.

Baca Juga : Tips Mengatasi Rasa Takut Gagal

2. Emphazise the messeges

Setelah Anda tahu tujuannya, maka langkah berikutnya adalah menemukan pesan kunci sehingga dapat memenuhi tujuan Anda. Widjaja (2000) menggambarkan pesan adalah keseluruhan dari apa yang disampaikan oleh komunikator.  A.W. Widjaja dan M. Arisyk Wahab berpendapat bahwa terdapat tiga bentuk pesan (IPK) yaitu:

a) Informatif

Yaitu untuk memberikan keterangan fakta dan data kemudian komunikan mengambil kesimpulan dan keputusan sendiri, dalam situasi tertentu pesan informatif tentu lebih berhasil dibandingkan persuasif.

b) Persuasif

Yaitu berisikan bujukan yakni membangkitkan pengertian dan kesadaran manusia bahwa apa yang kita sampaikan akan memberikan sikap berubah. Tetapi berubahnya atas kehendak sendiri. Jadi perubahan seperti ini bukan terasa dipaksakan akan tetapi diterima dengan keterbukaan dari penerima.

c) Koersif

Menyampaikan pesan yang bersifat memaksa dengan menggunakan sanksi-sanksi bentuk yang terkenal dari penyampaian secara inti adalah agitasi dengan penekanan yang menumbuhkan tekanan batin dan ketakutan dikalangan publik. Koersif berbentuk perintah-perintah, instruksi untuk penyampaian suatu target.(Widjaja Wahab,1987:61)

3. Make it 7C

Selanjutnya pesan yang telah di temukan tadi harus di susun  dalam koridor 7C, sehingga mudah di mengerti :

a) Clear

Bahasa yang mudah dipahami, tidak berbelit-belit tanpa denotasi yang menyimpang dan tuntas.

b) Correct

Pesan itu berdasarkan fakta, tidak mengada-ada dan tidak meragukan.

c) Concise

Tanpa mengurangi arti sesungguhnya.

d) Comprehensive

Ruang lingkup pesan mencakup bagian-bagian yang penting yang patut diketahui komunikan.

e) Concrite

Dapat dipertanggung jawabkan berdasarkan data dan fakta yang ada dan tidak sekedar kabar angin.

f) Complete

Pesan yang ingin di sampaikan tersusun secara sistematis.

4. Outstanding delivery

Hal terakhir namun terpenting adalah sender atau komunikator haruslah outstanding dalam mengirimkan pesan. David Kenneth Berlo pakar komunikasi menegaskan bahwa komunikor di syaratkan memiliki kemampuan : Ketrampilan dalam berkomunikasi, sikap dari komunikator terhadap di sendiri dan orang lain akan memberikan perubahan makna atau efek pesan serta memiliki pengetahuan di bidang yang ingin di sampaikan.

Dan akhirnya pesan akan mendapatkan kesan, jika di sampaikan dengan persiapan.

Untuk menanyakan mengenai Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Isabelle 0811 3440 909

Semoga Bermanfaat!

Share on linkedin
LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x