Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Pola Pikir Mengatasi Ketakutan Saat Public Speaking

Motivator | Pembicara “The way you overcome shyness is to become so wrapped up in something that you forget to be afraid.” – Lady Bird Johnson.

Selalunya, ketakutan akan diawali oleh pikiran Anda dan diakhiri dengan tindakan Anda. Sehingga, ketika Anda ingin mengubah ketakutan Anda dalam public speaking, maka hal pertama yang harus Anda ubah adalah pola pikir Anda.

Saat Anda merasa malu dan takut akan public speaking, maka Anda harus membuat sibuk diri Anda hingga tidak ada waktu lagi untuk memikirkan ketakutan yang sebelumnya Anda rasakan.

Berikut adalah tiga pola pikir yang tepat untuk membantu Anda mengatasi rasa takut :

1. Kendalikan rasa takut.

Hal yang harus Anda ketahui dan tanamkan dalam diri Anda adalah bahwa tidak ada seorangpun di dunia ini yang tidak memiliki rasa takut sedikitpun. Semua orang pasti memiliki ketakutan untuk berbicara di depan umum atau public speaking. Bahkan seorang pembicara profesional sekalipun. Yang harus Anda lakukan bukanlah menghilangkan rasa takut tersebut, melainkan bagaimana cara mengendalikan rasa takut.

Baca juga : Mengontrol volume suara saat presentasi

2. Kualitas datang dari kuantitas.

Saat Anda bisa menguasai materi yang akan Anda bawakan, maka Anda akan bisa membawakan presentasi tersebut dengan baik. Semakin dalam pemahaman Anda, maka Anda akan bisa membawakan contoh-contoh yang menarik untuk audiens. Dan semakin sering Anda berlatih dan mengulang materi presentasi, maka semakin lancar juga Anda dalam mengucapkannya.

3. Menarik dan tidak menarik.

Tidak ada yang salah dan juga benar dalam sebuah presentasi public speaking. Yang ada hanyalah menarik dan tidak menarik bagi audiens. Untuk membuat sebuah public speaking yang baik, maka Anda harus membawakan presentasi tersebut dengan menarik dan membuat audiens  bersemangat dalam memperhatikan penjelasan Anda.

Ayo lakukan ketiga hal yang sudah dijelaskan diatas. Maka Anda akan dapat membuat sebuah public speaking yang menarik. Dimana audiens Anda akan antusias dan tidak bosan saat hadir dalam kelas Anda.

Share on linkedin
LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x