Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Motivator | Pembicara | “Penolakan adalah tanda kurangnya hubungan yang di bangun, tidak ada orang yang akan menolak Anda yang ada hanyalah komunikator yang tidak flexible” NLP

Penolakan pemerintah Singapura terhadap Ustaz Abdul Somad (UAS) saat akan masuk ke negara mereka pada Senin, (16/5/2022), mendapatkan atensi hangat dari warga Indonesia. Kasus ini mendapatkan pemberitaan dan respon secara massive dari natizen dan media tanah air. Ragam tanggapan terselewiran di dunia maya dari keprihatinan hingga kecaman beredar termasuk pro dan kontra atau keputusan pemerintah Singapura tentunya.

Terlepas dari setuju atau tidak tindakan pemerintah Singapura, penolakan dapat terjadi dalam banyak aspek, termasuk saat Anda berbicara di hadapan audiens atau saat public speaking dan presentasi, sehingga perlu untuk dipahami  hal-hal apa saja yang besar kemungkinan menjadi penyebab penolakan.

Berikut ini tiga hal ini dapat menyebabkan penyampaian Anda di tolak secara langsung atau tertolak secara tidak langsung dimana gagasan Anda tidak lakukan walaupun kelihatannya disetujui :

1.  Merendahkan audiens

Anda akan di tolak apabila merendahkan audiens, seperti : menghina, menyindir atau “melecehkan” mereka secara verbal. Penggunaan kata-kata kasar seharusnya dihindari, mendiskriminasi sebuah suku dan ras dalam presentasi atau contoh yang Anda bahas juga sebaiknya tidak dilakukan. Melebel suku tertentu dengan konotasi negatif seperti malas, dan bodoh adalah hal fatal yang akan memancing keributan.

Baca Juga : DEMO

2. Menyinggung kepercayaan

Hal sensitif berikutnya adalah Anda menyinggung agama yang di yakini oleh audiens Anda. Walaupun Anda memiliki dasar argument yang jelas, hindari mengkritik, menyalahkan atau menyinggung sesuatu yang berhubungan dengan kepercayaan orang khusunya agama yang mereka yakini.

3.  Memarahi audiens

Secara terang-terangan memarahi atau mempermalukan satu dua orang di hadapan audiens lain, juga merupakan hal yang seharusnya tidak dilakukan karena dapat mengakibatkan perlawanan dari orang yang di permalukan tadi sehingga membuat kekacauan di ruang seminar atau presentasi Anda.

Cobalah memperhatikan tiga hal di atas, sehingga penolakan tidak Anda alami saat pembawakan presentasi atau public speaking.

Share on linkedin
LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x