Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Ketakutan Dalam Public Speaking

Motivator | Pembicara “Ketakutan selalu di awali oleh pikiran Anda dan di akhiri oleh tindakan Anda.” – Ongky Hojanto.

Saat Anda merasakan sebuah rasa takut akan presentasi yang akan Anda lakukan, hal pertama yang harus Anda ubah adalah pola pikir Anda. Berpikirah bahwa presentasi yang akan Anda lakukan adalah presentasi terbaik yang pernah Anda bawakan. Presentasi tersebut akan berjalan lancar sesuai dengan yang sudah Anda persiapkan.

Jika Anda terus berpikir buruk dan terlalu merasakan rasa takut yang ada pada diri Anda, maka hal tersebut akan berpengaruh terhadap presentasi yang akan Anda bawakan. Anda akan tidak fokus dan mudah lupa materi presentasi yang sudah Anda siapkan.

Baca juga : Mentor Sang Pemandu Sukses

Berikut ini adalah tiga pola pikir yang harus Anda terapkan agar Anda dapat mengatasi rasa takut yang ada pada diri Anda :

1. Hadapi rasa takut.

Tidak ada orang di dunia ini yang tidak memiliki rasa takut, apalagi untuk berbicara di depan banyak orang. Bahkan seorang pembicara profesional sekalipun memiliki rasa takut dan gugup saat akan melakukan presentasi. Bedanya, ia mampu mengatasi rasa takut tersebut dan tidak menjadikannya sebuah halangan. Ia mampu menghadapi rasa takut tersebut, begitupun dengan Anda.

2. Kualitas datang dari kuantitas.

Latihlah terus apa yang akan menjadi materi dan topik bahasan dari presentasi Anda. Buat

diri Anda menguasai hal tersebut sehingga Anda lancar dalam mengucapkannya dan presentasi Anda menjadi lancar karena Anda sudah menguasai apa yang menjadi topik bahasan dari presentasi tersebut.

3. Menarik dan tidak menarik.

Ingatlah bahwa dalam sebuah presentasi atau public speaking tidak ada yang salah atau

Benar. Yang ada hanyalah menarik dan juga tidak menarik. Tidak masalah jika Anda materi yang Anda bawakan tidak mengandung hoax, poronografi, ataupun hal yang SARA. Yang harus Anda pikirkan adalah bagaimana caranya membuat presentasi tersebut menjadi menarik sehingga audiens mau mendengarkan Anda hingga akhir.

Jangan biarkan rasa takut tersebut membuat Anda tidak bisa fokus terhadap presentasi yang Anda bawakan. Hadapi dan taklukkan rasa takut tersebut sehingga Anda tetap bisa tampil maksimal di depan audiens.

Semoga bermanfaat!

Untuk Informasi pelatihan Public Speaking dan Trainerpreneur lainnya hubung Mrs. Isabelle Anjani di 08113440909

Share on linkedin
LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x