Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Tips Membuat Persiapan Public Speaking

Motivator | Pembicara “Saat Anda gagal menyiapkan, maka sebenarnya Anda menyiapkan diri untuk gagal.” – Ongky Hojanto

Dalam membawakan sebuah presentasi ataupun public speaking, hal yang paling awal dan paling penting yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan apa saja yang akan dibutuhkan saat Anda sedang melakukan presentasi atau public speaking.

Mulai dari materi, buku, flip chart, mic, spidol, hingga ke pakaian apa yang akan Anda gunakan saat acara tersebut pun harus Anda persiapkan sebelumnya. Agar saat hari H acara Anda tidak terburu-buru dalam memilih pakaian dan menyebabkan Anda salah kostum. Jika Anda akan melakukan presentasi atau public speaking secara online menggunakan platform meeting online, Anda juga harus tetap memastikan bahwa semua persiapan sudah matang. Mulai dari laptop, koneksi internet, platform yang digunakan apakah berfungsi dengan baik atau tidak, dan lain sebagainya.

Back juga : Pentingnya bersikap tegas

Dalam menyiapkan berbagai hal penting sebelum presentasi, ada tiga hal yang harus Anda perhatikan secara exstra agar presentasi atau public speaking Anda berjalan lancar, yaitu :

1. Mental Anda.

Siapkanlah mentalittas Anda dengan menyiapkan pola pikir yang benar tentang presentasi

yang akan Anda bawakan nanti. Berpikirlah bahwa presentasi tersebut akan berjalan lancar dan audiens yang hadir akan antusias terhadap apa yang sudah Anda jelaskan di depan. Namun, jika presentasi tersebut tidak berjalan sebaik yang Anda harapkan, maka tanamkan dalam pikiran Anda bahwa Anda sudah melakukan yang terbaik dan akan memperbaiki kesalahan yang mungkin Anda lakukan.

2. Kuasai Materi.

Hal kedua yang harus Anda persiapkan secara matang sebelum presentasi dimulai adalah

materi presentasi yang akan Anda bawakan nanti. Hafalah kalimat pembuka, poin penting, dan juga kalimat penutup dari materi yang Anda telah buat. Dengan begitu Anda akan tampil dengan maksimal saat berbicara di depan para audiens Anda dan hal tersebut akan memperlihatkan profesionalitas Anda di depan audiens yang hadir.

3. Mempersiapkan kondisi darurat.

Hal terakhir namun tidak kalah penting untuk Anda persiapkan adalah mengantisipasi jika

Ada hal-hal yang tidak diinginkan. Bisa saja saat Anda tengah membawakan presentasi listrik yang ada diruangan tersebut mati, mic Anda tidak menyala, ada pertanyaan sulit dari audiens yang sulit untuk Anda jawab, ataupun jika Anda sedang presentasi secara online bisa saja internet yang Anda gunakan terputus, atau laptop yang Anda gunakan rusak. Maka dari itu, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan tersebut Anda harus mempersiapkannya dari jauh-jauh hari agar tidak kaget saat hal tersebut terjadi dan Anda bisa mengatasinya dengan baik.

Ayo lakukan persiapan yang baik untuk presentasi atau public speaking Anda agar semua berjalan lancar sesuai yang diharapkan. Pastikan Anda tidak melupakan satu hal pun sehingga Anda bisa menjadi seorang pembicara hebat dengan persiapan yang matang.

Semoga bermanfaat!

Untuk Informasi Seminar dan Pelatihan hubungi Mrs. Isabelle Anjani di 08113440909

Share on linkedin
LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x