Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Membuat Humor Dalam Presentasi

Motivator | Pembicara | Public Speaking “You gain strength, courage and confidence by every experience in which you really stop to look fear in the face. You must do the thing you think you cannot do.” – Eleanor Roosevelt


Sebuah presentasi yang datar tanpa ada humor didalamnya akan membuat audiens Anda yang datang ke presentasi tersebut merasa bosan dan mengantuk. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan sebagai pembicara untuk membuat presentasi yang sedang Anda bawakan menjadi hidup dan tidak garing. Salah satunya adalah dengan menyelipkan humor di dalam presentasi Anda. Humor harus dikemas dan dibawakan dengan rapih tanpa SARA sehingga tetap berkelas dan elegan.


Baca juga : Mentor sang pemandu sukses


Berikut ini adalah 4 cara menggunakan humor yang dapat Anda terapkan :


1. Buat humor yang bermutu


Meskipun tujuan dari humor adalah membuat lelucon agar audiens Anda tertawa dan tidak terlalu serius selama presentasi, namun tetap saja. Anda harus memastikan bahwa humor yang Anda sampaikan tidak menyinggung Ras, Agama, dan juga Etnik tertentu.


2. Bisa menggunakan pengalaman pribadi


Jika Anda memiliki sebuah pengalaman yang menurut Anda adalah sebuah pengalaman yang lucu dan dapat menjadi pelajaran bagi orang lain, maka Anda dapat menggunakannya dalam presentasi Anda untuk membuatnya menjadi sebuah humor. Dan akan jauh lebih baik lagi jika apa yang Anda ceritakan adalah hal yang sejalan atau berhubungan dengan materi presentasi Anda.


3. Santai


Biasanya seseorang yang tidak biasa membawakan sebuah cerita lucu akan gugup dan juga merasa tidak percaya diri akan apa yang dikatakannya. Namun, yang harus Anda lakukan hanyalah santai dan membuatnya seolah bagian dari materi presentasi Anda. Berlatihlah terus menerus untuk menggunakan humor tersebut sehingga saat Anda bercerita didepan audiens tidak kaku dan juga gugup.


Pergi camping membawa obor

Jangan lupa memasak telor

Ikuti 4 cara menggunakan humor

Agar tidak menjadi rumor


Share on linkedin
LinkedIn
4 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x