Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

3 Hal Yang Harus Diperhatikan Oleh Para Caleg

Motivator | Pembicara | Public Speaking “Pemimpin harus praktis dan realistis, namun harus berbicara bahasa visioner dan idealis.” – Eric Hoffer

Selasa, 14 Februari 2024 Indonesia akan menyelenggarakan kembali pemilihan umum secara langsung dan serentak dimana para calon anggota legislatif dan para calon anggota daerah di pilih secara bersamaan oleh masyarakat Indonesia. Pemilihan umum yang dilaksanakan setiap lima tahun sekali ini tentunya akan mendatangkan banyak para calon pemimpin baru bagi masa depan Indonesia.

Jika Anda menjadi salah satu yang berniat untuk ikut berpartisipasi dan maju menjadi salah satu calon anggota legislatif maupun pemimpin daerah, maka Anda harus memperhatikan 3M dalam konteks Public Speaking yang harus dimiliki para calon Caleg.

Baca juga : Membuat humor saat presentasi

Berikut adalah 3M dalam Public Speaking yang harus dikuasi :

1. Masalah atau isu yang terjadi

Yang pertama untuk Anda kuasai adalah masalah ataupun isu yang sementara terjadi di sekitar lingkungan Anda. Jika Anda menguasai masalah ataupun isu yang sedang hangat di lingkungan sekitar Anda, maka masyarakat akan melihat Anda sebagai seorang yang kompeten dan memperbesar peluang Anda menjadi pemenang dari pemilu tersebut.

2. menguasai audiens

Anda harus menguasai siapa saja yang akan menjadi audiens Anda saat akan berpidato untuk pemilu yang Anda lakukan. Jika Anda dapat menguasai audiens-audiens Anda yang hadir, pesan ataupun poin bahasan yang Anda sampaikan dapat diterima dengan baik oleh audiens karena Anda membahasakan sesuai dengan bahasa yang mereka pahami.

3. Menguasai data

Untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti salah data saat berbicara di depan audiens, Anda harus memastikan bahwa data yang akan Anda bahas tersebut adalah data yang benar valid sumbernya. Itulah mengapa pentingnya Anda harus menguasai data yang ada.

Ayo kuasai 3M penting diatas, dengan menguasai ketiga hal tersebut maka pidato atau presentasi untuk menarik suara masyarakat pada pemilu nanti akan dapat dijalankan secara optimal. Jadilah calon pemimpin yang dapat memberikan  contoh dan juga cerminan yang baik kepada masyarakat agar Anda mendapat rasa percaya.

Share on linkedin
LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x