Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Public Speaking Dan Pidato Ala Presiden Indonesia

Motivator | Pembicara | Public Speaking “Saat ini, kunci dari kepemimpinan yang sukses adalah pengaruh, bukan wewenang.” – Kenneth Blancahrd

Saat Anda ingin menjadi seorang pemimpin suatu hari nanti, wewenang yang Anda miliki bukan lagi menjadi tolak ukur untuk saat ini. Melainkan seberapa banyak pengaruh yang sudah Anda berikan untuk orang lain. Kemampuan untuk mempengaruhi pengikutnya bagi seorang pemimpin merupakan sebuah faktor penting untuk menentukan keberhasilannya.

Pengaruh dan juga gaya kepimpinan yang dimiliki setiap orang pastinya berbeda, semua pemimpin unik dengan caranya sendiri. Seperti halnya para pemimpin Indonesia yang memiliki gaya kepemimpinan yang membuat mereka bisa terpilih menjadi presiden Indonesia.

Baca juga : presentasi dengan Elevator Pitch

Apabila Anda ingin mencalonkan diri menjadi kepala daerah di Pemilu mendatang, maka Anda bisa meniru tiga gaya pidato dari pemimpin Indonesia berikut ini :

1. Gaya Soekarno

Saat membawakan sebuah pidato atau orasi, Soekarno selalunya membawakannya dengan penuh motivasi, semangat, serta dorongan. Anda dapat mencontoh hal tersebut dengan memberikan motivasi, semangat, dan juga dorongan kepada para konsituen Anda untuk melakukan sesuatu. Nada suara yang cepat, pemilihan kata yang berulang,  serta antusiasme bahasa tubuh yang dimiliki oleh Soekarno juga dapat Anda jadikan refrensi ketika berpidato.

2. Gaya SBY

Memadukan bahasa Indonesia dengan bahasa asing adalah ciri khas dari pidato yang dibawakan oleh presiden keenam Republik Indonesia, SBY. Beliau kerap kali berpidato menggunakan dua atau lebih bahasa sekaligus guna membangun impresi yang dimiliki olehnya. Anda bisa mencontoh hal ini untuk menunjukan kepada audiens Anda bahwa Anda adalah seorang yang teredukasi, dan juga memiliki pengetahuan yang luas dalam topik yang Anda bahas saat berpidato.

3. Gaya Jokowi

Selain kedua gaya pidato yang sudah dibahas sebelumnya, Anda juga bisa memasukan metafora, ilustrasi, atau bentuk sejenisnya ke dalam pidato Anda. Hal ini akan menjadi simbol dalam presentasi ataupun pidato yang sementara sedang Anda bahas. Seperti halnya yang sering dilakukan oleh presiden Indonesia saat ini, Jokowi kerap kali memasukan beberapa metafora yang ada ke dalam pidato yang beliau bawakan.

Diluar dari ketiga gaya pidato dari tiga pemimpin hebat Indonesia, sebenarnya ada banyak lagi gaya berpidato dari pemimpin lain yang dapat Anda contoh dan jadikan refrensi. Dengan banyaknya refrensi yang Anda miliki, seiring dengan berjalannya waktu dan juga tingginya jam terbang, maka Anda akan memiliki gaya atau ciri khas sendiri nantinya.

Semoga bermanfaat!

Share on linkedin
LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x