Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Gimmick Online Saat Public Speaking

Motivator | Pembicara | Public Speaking Saat Anda sedang melakukan sebuah public speaking atau presentasi tentu akan sangat membosankan jika Anda membiarkan kelas yang sedang Anda isi berjalan datar dan audiens yang hadir bersifat pasif. Sebagai seorang pembicara, Anda dituntut untuk dapat meningkatkan minat dari audiens Anda yang menghadiri presentasi ataupun public speaking tersebut.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat audiens Anda menjadi aktif saat kelas berlangsung, salah satunya dengan memberikan gimmick kepada mereka. Hal ini akan menjadi sebuah daya tarik tertentu yang dapat membuat kelas tersebut hidup dan juga audiens yang hadir menjadi antusias dengan apa saja yang Anda bicarakan.

Baca juga : 3 hal yang harus diperhatikan para caleg

Inilah 3 gimmick  yang dapat Anda gunakan saat kelas online :

1. Kuis dadakan

Berikanlah beberapa pertanyaan dari kepada audiens Anda yang hadir di setiap akhir pembahasan dari masing –masing sub-topik materi Anda. Katakan kepada audiens Anda jika ada yang bisa menjawab dengan cepat dan tepat maka orang tersebut akan mendapatkan hadiah dari Anda.

Hal ini tentunya akan membuat audiens menjadi antusias, sehingga mereka yang tadinya tidak memperhatikan menjadi mengatur ulang fokusnya kepada presentasi Anda dengan harapan mereka dapat memenangkan kuis selanjutnya.

2. Memberikan hadiah untuk pertanyaan terbaik

Saat akhir sesi, biasanya seorang pembicara akan bertanya “apakah ada pertanyaam?” di saat-saat inilah kebanyakan dari audiens Anda akan diam dan tidak berani untuk bertanya. Pada kesempatan ini Anda bisa melakukan sebuah gimmick untuk memancing audiens mau bertanya dengan mengatakan bahwa satu atau dua orang dengan pertanyaan terbaik akan mendapatkan hadiah dari Anda.

Kelas yang tadinya hening karena para peserta diam dan tidak tahu ingin bertanya apa, seketika akan menjadi ramai dan memperebutkan diri untuk bertanya lebih dulu untuk mendapatkan hadiah yang Anda janjikan.

3. Undian berhadiah

Ada beberapa peserta atau audiens yang mungkin akan bosan dan merasa bahwa presentasi yang Anda bawakan membosankan sehingga membuatnya ingin segera meninggalkan ruang zoom. Ini tidak sepenuhnya salah Anda dalam membawakan presentasi tersebut. Bisa saja audiens tersebut memang bukan pasar tujuan Anda.

Anda bisa membuat sebuah undian berhadiah yang akan Anda umumkan pemenangnya pada saat akhir acara untuk menahan audiens Anda tidak meninggalkan ruang zoom sebelum waktunya. Mereka yang tadinya berniat untuk meninggalkan ruang zoom pastinya akan berpikir dua kali untuk melewatkan kesempatan mendapatkan hadiah dari Anda.

Ayo lakukan salah satu dari ketiga gimmick tersebut untuk membuat kelas online Anda menjadi hidup serta membuat audiens Anda menjadi aktif dan berani bertanya. Semoga bermanfaat!

Share on linkedin
LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x