Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Teknik Wawancara Doorstop

Motivator | Pembicara | Public Speaking “Ketakutan tidak ada dimanapun, kecuali dalam pikiran Anda.” – Dale Carnegie

Sebagai calon kepala daerah atau calon anggota legislatif, tidak jarang nantinya Anda akan mendapatkan beberapa wawancara mendadak yang tidak sempat Anda persiapkan sebelumnya. Ini disebut sebagai wawancara doorstop, dimana Anda diwawancarai secara mendadak dan sehingga terkadang membuat Anda bingung ingin menjawab apa karena tidak ada persiapan sebelumnya.

Jika Anda tidak terbiasa dengan situasi seperti ini, mungkin Anda akan merasa takut, bingung, dan juga gelisah memikirkan jawaban apa yang harus Anda utarakan untuk menjawab pertanyaan tersebut. Namun ada yang perlu Anda tahu, bahwasannya ketakutan tersebut hanya ada di dalam pikiran Anda. Jika Anda mengetahui teknik untuk menjawab wawancara doorstop tersebut, maka Anda tidak akan merasa takut lagi.

Baca juga : Isi public speaking saat kampanye

Berikut ini adalah 3A yang bisa Anda lakukan saat wawancara doorstop :

1. Arahkan pertanyaan

Jika Anda dilemparai pertanyaan yang sulit untuk Anda jawab saat itu juga, maka Anda bisa mengarahkan pertanyaan yang ditanyakan kepada Anda tersebut kepada poin-poin yang Anda pahami yang berhubungan dengan pertanyaan tersebut. Hal ini akan menunjukan jika Anda adalah seorang yang memiliki kepandaian lebih untuk menghubungkan banyak hal.

2. Alihkan pertanyaan

Jika terlalu sulit bagi Anda untuk mengarahkan pertanyaan tersebut kepada poin-poin yang And pahami, maka Anda bisa memilih opsi untuk mengalihkan pertanyaan tersebut menjadi isu-isu yang Anda pahami dan tengah terjadi. Hal ini akan menutupi ketidaktahuan Anda akan jawaban dari pertanyaan tersebut.

3. Angkat tangan

Teknik terakhir yang bisa Anda gunakan adalah angkat tangan. Dimana Anda mengatakan kepada para wartawan bahwa jawaban yang seharusnya diberikan bukanlah oleh diri Anda, melainkan oleh pihak terkait yang memiliki wewenang dari pertanyaan tersebut.

Inilah tiga teknik dalam menjawab wawancara doorstop yang dapat Anda coba sehingga dapat menaikan nilai elegan Anda didepan para wartawan dan juga banyak orang ketimbang Anda langsung menjawab tidak tahu atau no comment.

Semoga bermanfaat!

Share on linkedin
LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x