Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Teknik Suara Dalam Metode Pecha Kucha

Motivator | Pembicara | Public Speaking Pecha Kucha adalah sebuah metode presentasi yang dibuat oleh Astrid Klein dan Mark Dytham yang pertama kali diadakan pada Februari 2003 di Tokyo, Jepang. Pecha Kucha sendiri adalah salah satu metode presentasi dimana Anda hanya menggunakan kurang lebih 6 menit untuk menyelesaikan satu materi.

Salah satu hal yang harus Anda perhatikan saat membawakan presentasi ataupun public speaking dengan metode Pecha Kucha ini adalah suara. Anda harus pandai mengatur suara dan juga kata yang akan Anda gunakan agar apa yang Anda ucapkan tetap elegan dan bermakna meskipun dengan waktu yang terbatas.

Baca juga : Teknik wawancara doorstop

Berikut ini adalah 3 hal yang harus Anda pilih dan cermati :

1. Jumlah Kata

Saat Anda melakukan presentasi atau public speaking dengan metode pecha kucha pastikanlah jika Anda memilih jumlah kata yang pas dan sesuai. Cukup gunakan 4-5 kata untuk mewakili 1 slide power point Anda dan jangan lebih dari 20 detik agar semua slide dapat Anda jelaskan kepada audiens.

2. Makna Ganda

Jangan menggunakan kalimat yang ditafsirkan berbeda atau memiliki makna ganda saat Anda sedang membawakan presentasi atau public speaking dengan metode pecha kucha. Karena hal ini akan menyulitkan audiens Anda untuk menangkap apa yang akan Anda sampaikan dengan waktu yang terbatas.

3. Mudah pengucapannya

Anda juga harus menghindari penggunaan kata atau kalimat yang sulit untuk Anda ucapkan. Gunakanlah kata atau kalimat yang sekiranya tidak menyulitkan Anda sehingga Anda bisa memanfaatkan waktu yang ada dan tidak memakan banyak waktu untuk itu.

Melakukan sesuatu dalam waktu singkat dan terbatas tentunya bukanlah hal yang mudah bagi banyak orang, bahkan bagi seseorang yang sudah profesional dalam bidangnya pun pasti akan merasa kesulitan. Kuncinya hanya ada pada persiapan Anda sebelum acara, lakukanlah persiapan dengan matang dan praktekkan ketiga hal di atas agar presentasi pucha kucha Anda tetap berkualitas di tengah waktu yang terbatas.

Share on linkedin
LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x