Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Teknik Mengatasi Lupa Materi Presentasi Public Speaking

Motivator | Pembicara | Public Speaking Lupa adalah salah satu sifat manusia yang tidak bisa Anda hindari kehadirannya. Salah satu lupa yang mungkin Anda alami adalah lupa materi presentasi. Ada banyak penyebab mengapa Anda bisa lupa materi dari presentasi yang akan Anda bawakan, mulai dari tidak siapnya diri Anda untuk presentasi tersebut, materi yang baru pertama kali Anda bawakan, dan banyak hal lainnya.

Lupa akan materi presentasi yang Anda bawakan adalah salah satu hal fatal jika tidak segera diatasi. Hal tersebut akan membuat Anda terlihat tidak profesional di depan audiens dan membuat Anda menjadi tidak nyaman berdiri di depan karena bingung apa yang ingin Anda sampaikan.


Baca juga : cara bangun personal branding di dunia training

Agar Anda terhindar dari lupa materi saat presentasi, maka Anda dapat mencoba tiga tips ini :

1. Jembatan Keledai

Untuk memudahkan Anda dalam menghafal isi dari materi yang akan Anda bawakan ada baiknya Anda membuat sebuah jembatan keledai. Seperti; Ada 3B dalam presentasi yaitu Berani, Beurutan, dan Bahasa Tubuh. Ada 3M dalam komunikasi yaitu Mengerti Orang Lain, Mengirimkan Pesan, dan Menerima Umpan Dengan Baik.

Dengan membuat jembatan keledai ini juga, nantinya audiens Anda akan lebih mudah untuk mengingat inti dari apa yang sudah Anda jelaskan kepada mereka saat presentasi berlangsung.

2. Contekan Pada Slide Presentasi

Anda bisa menaruh atau membuat sedikit contekan terkait materi yang akan Anda sampaikan di pojok kanan bawah dari slide presentasi yang sudah Anda buat. Sehingga ketika Anda menatap slide presentasi tersebut Anda akan teringat apa yang seharusnya Anda sampaikan. Jadi Anda tidak perlu lagi bingung atau cemas ketika tiba-tiba Anda lupa materi presentasi di depan audiens Anda.

3. Latihan Mmebawakan  Materi

Hal paling penting yang harus Anda lakukan pastinya adalah berlatih. Jika Anda sudah terbiasa membawakan materi tersebut, maka akan tercipta kelancaran berbicara saat Anda membawakannya di depan audiens Anda nanti. Dengan berlatih membawakan materi ini juga akan membuat Anda menjadi lebih rileks dan tidak gugup saat sudah berhadapan dengan audiens di atas panggung nanti.

Jangan biarkan lupa membuat presentasi yang sudah Anda nantikan sejak lama menjadi sia-sia bergitu saja. Ayo lakukan ketiga tips di atas agar Anda bisa mengantisipasi lupa materi presentasi.

Semoga bermanfaat!

Share on linkedin
LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x