Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

3 Cara Membuat Presentasi Yang Menarik, Efektif, dan Efisiens

Motivator | Pembicara | Presentasi | Public Speaking “Improving your communication skills can make life more fulfilling on many levels.” – Ibrahim Mustapha

Salah satu soft skill yang sangat dibutuhkan terutama dalam dunia kerja adalah kemampuan komunikasi. Banyak perusahaan terutama yang bergerak dalam bidang jasa, dagang, dan juga manufaktur yang dalam beberapa kesempatan akan meminta karyawannya untuk mempresentasikan produk yang dimiliki oleh perusahaan tersebut.

Di saat-saat seperti inilah kemampuan komunikasi Anda sebagai seorang karyawan profesional akan di uji. Apakah Anda akan mampu membawakan presentasi tersebut dengan baik dan mampu menjelaskan tujuan dari produk yang Anda promosikan atau tidak.

Baca juga : Teknik ADDIE dalam Presentasi

Berikut ini 3 cara membuat presentasi yang menarik, efektif, dan efisien :

1. Mulai dengan pembukaan yang memukau

Kesan pertama akan sangat menentukan. Jika Anda sudah memulai dengan pembukaan yang memukau, akan mencuri pandangan audiens. Dua sampai tiga menit pertama presentasi akan sangat menentukan, apakah audiens akan antusias mendengarkannya sampai selesai atau tidak. Kalau audiens mau mendengarkan dengan semangat, ditambah melakukan tindakan yang diharapkan, maka berarti presentasi tersebut efektif. Sehingga kecil kemungkinan jika audiens menjadi pasif.

2. Memanfaatkan teknologi

Agar presentasi menjadi semakin menarik dan memukau, maka Anda bisa menggunakan bantuan teknologi. Misalnya, Anda bisa menggunakan handled remote. Dengan begitu, Anda bisa bebas bergerak ke sana ke mari, sambil tetap bisa menunjukkan poin-poin penting yang ada di dalam slide presentasi Anda. Design materi Anda dengan menarik, selipkan beberapa humor, dan video animasi yang membuat peserta memperhatikan Anda.

3. Perhatikan penampilan

Penampilan Anda adalah salah satu wujud dari sikap penghargaan Anda kepada audiens. Menghargai audiens, tentunya Anda juga menghargai diri sendiri. Jika Anda bingung harus mengenakan pakaian apa, Anda bisa menggunakan pakaian formal yang pada umumnya. Seperti; batik atau kemeja yang dikancing rapih.

Ayo lakukan tiga hal ini agar Anda bisa menampilkan presentasi terbaik.

Semoga bermanfaat!

Share on linkedin
LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x