Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Hukum Emas Dalam Komunikasi Antar Personal

Motivator | Pembicara | Komunikasi | Public Speaking “Penting untuk memastikan bahwa kita berbicara satu sama lain dengan cara yang menyembuhkan, bukan dengan cara yang menyakitkan.” –Barack Obama

Dalam melakukan sebuah komunikasi baik dengan sedikit atau banyak orang, Anda tentu harus memastikan bahwa apa yang Anda komunikasikan tersebut dapat sampai kepada lawan komunikasi Anda dengan baik sesuai dengan maksud dan tujuan yang ingin Anda sampaikan.

Ada beberapa jenis komunikasi yang harus Anda ketahui saat akan melakukan proses komunikasi dengan orang lain, salah satunya adalah komunikasi antar personal yaitu dimana komunikasi ini merupakan sebuah proses pertukaran makna antara dua orang atau lebih dengan adanya umpan balik seketika seperti ekspresi wajah ataupun gesture tubuh.

Untuk membuat komunikasi antar personal yang baik ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan sehingga apa yang ingin Anda katakan dapat tersampaikan dengan jelas.

Baca juga : Teknik ADDIE dalam menyusun pelatihan

Berikut adalah 3 hukum emas yang ada pada komunikasi antar personal :

1. Pastikan lawan bicara

Saat Anda melakukan sebuah komunikasi antar personal yang melibatkan beberapa orang, maka pastikanlah tidak ada orang yang berbicara bersamaan di satu waktu. Atau jika Anda hanya berdua maka pastikanlah hanya salah satu di antara Anda dan kawan Anda yang berbicara dan satu lagi mendengarkan. Hal ini guna mencegah orang yang mendengarkan komunikasi tersebut merasa bingung karena banyaknya suara yang berbicara.

2. Hargai lawan bicara

Tanamkanlah dalam pikiran Anda bahwa saat lawan bicara Anda tengah menjelaskan sesuatu maka hal yang sedang ia jelaskan adalah suatu hal yang penting. Oleh karena itu, Anda harus fokus dan menyimak dengan baik apa saja yang ia sampaikan sehingga orang yang tengah berbicara tersebut akan merasa dihargai.

3. Bangun komunikasi dalam TREC

Pastikan bahwa apa yang sedang Anda komunikasikan adalah sebuah kebenaran dengan data yang valid atau True. Kemudian pastikan bahwa Anda membicarakan sesuatu yang Relevan dengan apa yang sementara Anda bahas dengan lawan bicara Anda. Selanjutnya adalah Etiquette dimana Anda memberikan informasi yang memadai agar lawan bicara Anda mendapatkan data serta informasi yang ia pertimbangkan. Dan yang terakhir pastikan bahwa apa yang Anda sampaikan dapat selesai dengan baik atau Clear.

Ayo lakukan ketiga hukum emas dalam komunikasi antar personal tersebut agar Anda dapat membuat sebuah komunikasi yang berkualitas dengan lawan bicara Anda tanpa adanya multitafsir ataupun multiprespektif.

Semoga bermanfaat!

Share on linkedin
LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x