Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Tantangan Komunikasi Interpersonal

Motivator | Pembicara | Komunikasi | Public Speaking “Komunikasi mengarah pada komunitas, yaitu pemaham, keintiman, dan saling menghargai.” –Rollo May

Dalam sebuah proses komunikasi, pasti akan ada sebuah tujuan, maksud, ataupun pesan yang ingin disampaikan dari apa yang sedang dikomunikasikan tersebut. Terutama saat Anda sedang berkomunikasi dengan orang lain atau sedang melakukan komunikasi interpersonal yang melibatkan dua orang atau lebih.

Namun, kerap kali pesan dan tujuan tersebut tidak tersampaikan dengan baik sehingga terjadi miskomunikasi atau multitafsir. Umumnya saat Anda tengah melakukan komunikasi interpersonal memang ada beberapa tantangan yang akan mengganggu proses komunikasi tersebut.

Baca juga : Gimmick online saat public speaking

Berikut ini adalah 3 tantangan komunikasi interpersonal dan cara mengatasinya :

1. Behavior

Saat Anda tengah menjadi seorang komunikator maka Anda harus menjaga sikap yang Anda tunjukan kepada komunikan Anda. Jangan buat komunikan Anda menjadi tidak respect kepada Anda karena sikap yang Anda tunjukan. Hal ini tentu akan sangat berpengaruh dengan hasil akhir dari proses komunikasi tersebut jika Anda kehilangan respect dari mereka.

Maka dari itu, jagalah sikap Anda baik saat ataupun tidak dalam sebuah proses komunikasi.

2. Context

Perhatikanlah konteks apa yang sedang menjadi topik dari pembicaraan Anda dengan kawan bicara Anda. Jangan biarkan diri Anda kehilangan kontrol sehingga membahas hal lain di luar konteks pembicaraan sebelumnya. Jika Anda melakukan ini maka komunikasi yang terjadi akan keluar dari tujuan awal dan inti dari komunikasi tersebut sudah tidak sama lagi.

3. Relationship

Pastikan bahwa Anda memiliki sebuah hubungan yang baik dengan kawan bicara Anda saat tengah melakukan proses komunikasi tersebut. Saat Anda melakukan sebuah komunikasi dengan orang yang sudah Anda kenal maka akan lebih mudah bagi Anda untuk menyampaikan pesan atau tujuan dari komunikasi tersebut. Dan jika Anda belum mengenal baik komunikan Anda maka Anda bisa mencari tahu terlebih dahulu latar belakang dari orang tersebut.

Tidak ada hal yang mudah di dunia ini, namun semua akan terasa lebih ringan saat Anda mau belajar untuk melewatinya. Begitupun dengan proses dalam komunikasi, Anda akan menemukan beberapa tantangan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Namun ada banyak cara untuk mengatasinya.

Semoga bermanfaat!

Share on linkedin
LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x