Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Teknik Menulis Di Kelas Online

Motivator | Pembicara | Public Speaking Di tengah masa pandemi yang seakan tiada henti, seringkali kita terpaksa melakukan hal-hal di luar kebiasaan yang biasa dilakukan sehari-harinya. Salah satunya adalah kelas online, yan sebelumnya saat membawakan sebuah acara ataupun kelas Anda akan menjelaskan materi dengan papan tulis atau flipchart sebagai media, kini semua beralih menjadi online dengan aplikasi yang ada.

Meskipun sama-sama menjelaskan diikuti dengan menulis sesekali pada sebuah layar putih, tetap saja terasa berbeda saat melakukannya. Yang tadinya Anda memegang spidol di tangan Anda, kini Anda menggunakan pen atau aplikator lainnya untuk menuliskan apa yang Anda jelaskan.

Baca juga : Tips menjadi active listener

Untuk memperlancar menulis pada kelas online, perhatikan ketiga hal ini :

1. Huruf Kapital

Tidak 100% atau semua dari audiens Anda yang hadir pada kelas online tersebut menggunakan laptop atau komputer dengan layar yang besar yang memudahkan mereka untuk melihat slide presentasi Anda. Ada beberapa audiens Anda yang hadir menggunnakan handphone dengan layar kecil, sehingga terkadang kesulitan untuk melihat apa yang Anda tulisan.

Maka dari itu, tulislah menggunakan huruf kapital pada white board digital Anda agar memudahkan semua audiens yang hadir dapat melihat dengan jelas apa yang Anda tuliskan.

2. Besar Tulisan

Sama dengan poin sebelumnya, pastikanlah bahwa huruf yang Anda gunakan saat menulis pada kelas online berada pada ukuran font yang pas. Tidak terlalu besar, namun juga tidak terlalu kecil agar semua audiens Anda dapat melihatnya dengan nyaman dan paham materi yang Anda berikan.

3. Pemilihan Warna

Papan yang biasanya digunakan untuk menulis pada kelas online tidak jauh berbeda dengan yang biasa Anda gunakan pada kelas offline, yaitu putih. Sehingga alangkah baiknya jika Anda menggunakan pen atau spidol digital Anda dengan warna gelap agar membuat tulisan Anda terlihat dengan jelas.

Kelas online terkadang menjadi tantangan untuk mengajar karena terbatasnya alat bantu yang ada, namun kini tidak perlu khawatir lagi karena sudah banyak aplikasi yang meyediakan fitur untuk membantu Anda untuk menjelaskan materi saat kelas online, seperti drawing pen ataupun pen tablet.

Ayo lakukan ketiga tips untuk menulis pada kelas online di atas agar kelas online Anda menjadi lebih menyenangkan.

Share on linkedin
LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x