Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Teknik Efektif Mengkritik

Motivator | Pembicara | Public Speaking Dalam memberikan sebuah kritik, saran, atau masukan kepada kawan bicara Anda, pastikanlah bahwa Anda memilih dan juga menggunakan kata-kata yang benar agar apa yang Anda sampaikan dapat sampai dengan baik sesuai tujuan dan tidak melukai kawan bicara Anda.

Berikut ini adalah teknik memberikan feedback, saran, masukan, dan juga kritik kepada kawan bicara Anda tanpa membuat mereka tersinggung dan juga guna meningkatkan efektifitas dari feedback yang Anda berikan.

Baca juga : teknik menulis di kelas online

Teknik Sandwich namanya, yaitu :

1 Lapisan pertama

Utarakanlah apa yang sudah baik dari perilaku kawan bicara Anda tadi, katakan beberapa poin yang sudah ia pahami pada apa yang ia lakukan agar ia merasa Anda betul-betul memperhatikannya dan bukan asal memberikan komentar.

Contoh; Pak Ongky yang sudah baik dari Anda adalah kemampuan komunikasi, presentasi, dan juga public speaking Anda.

2 Lapisan kedua

Sampaikanlah saran atau poin-poin yang harus ia perbaiki dan tingkatkan. Pastikan saat Anda mengatakan saran tersebut, Anda mengatakanya dengan kalimat yang baik dan benar agar kawan bicara Anda tidak salah paham dan merasa tersinggun.

Contoh; Namun yang perlu pak Ongky tingkatkan adalah kemampuan membangun sebuah tim.

3 Lapisan ketiga

Berikanlah jalan keluar agar kawan bicara Anda tidak kehilangan muka akibat dari saran yang Anda berikan sebelumnya. Jalan keluar yang Anda berikan juga bisa menjadi jembatan bagi kawan bicara Anda dalam memperbaiki kekurangan yang ada.

Contoh; Namun saya yakin dengan usia pak Ongky yang masih muda, Anda masih bisa terus belaja, tumbuh, dan berkembang. Terima kasih sudah memberikan kesempatan kepada saya untuk memberikan feedback.

Ayo lakukan tiga lapisan dari teknik sandwich diatas agar saran, masukan, serta kritik Anda dapat diterima oleh kawan bicara Anda tanpa menyinggung perasaannya.

Semoga bermanfaat!

Share on linkedin
LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x