Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on Sep 13, 2017 in Articles | 0 comments

Belajar Public Speaking |Jeda dalam pidato.

Belajar Public Speaking |Jeda dalam pidato.

PernahkahAndamendengarseorangpembicarayangkarenakegugupannyaberbicaraterlalucepatdansepertinyakata-katanyatersambungsatudenganyanglainnyasehinggaAndatidakmengertiapapunyangdiasampaikan?

Waktu dapat mempermainkan Anda dengan triknya jika Anda ada dalam sebuah public speaking. dan sebagai hasilnya, sangat mudah untuk berbicara terlalu cepat tanpa Anda sadari. Ketika Anda mempunyai banyak hal yang dikawatirkan, dari kata pembuka, gerak bahasa tubuh Anda, Orang orang yang dihafal untuk terima kasih, semua ini bisa membuat Anda lupa kepada satu aturan dasar dari public speaking yaitu berbicara dengan kecepatan yang dapat diikuti oleh Audience Anda.

Dalam Public Speaking, atau bicara di depan umum, ada tiga pola atau keadaan dari prilaku dan emosi yang dapat membuat Anda berbicara terlalu cepat kepada audience Anda.

  1. Keadaan Kupu-kupu. Anda gugup, bingung dan cemas. Anda tidak sabar untuk menyelesaikan pidato Anda. Adrenalin mulai menekan tubuh Anda dan alhasil, kata-kata yang terucap dari mulut Anda terdengar seperti sebuah teka teki yang sangat cepat. Jika ini terjadi kepada Anda, tanyakan diri Anda kenapa situasi ini membuat Anda gugup? apakah seseorang tertentu dalam ruangan yang mengintimidasi Anda? Apa yang Anda katakan pada diri Anda jika Anda mengacaukannya?. Dalam public speaking, Salah satu cara untuk mengatasi keadaan kupu-kupu adalah menyadari bahwa Anda dalam keadaan ini. Saat Anda menyadari, kemudian tenangkan diri Anda dengan minum sedikit air dan mulai lambatkan kata-kata Anda. Pusatkan pada nafas untuk menurunkan detak jantung Anda.  Anda dapat berbicara sangat lambat sampai kedengarannya Aneh, asalkan tidak sampai membuat pendengar Anda tertidur tentunya. Berbicara dengan pelan justru mencerminkan otoritas. Keliatan tenang malah akan membantu Anda karena audience Anda akan lebih merasa percaya kepada Anda.
  2. Keadaan Terpicu. Dalam Public Speaking, Antusias atau semangat kadang kala dapat mengakibatkan kata-kata Anda mengalir terlalu cepat sehingga pendengar Anda tidak dapat mengikuti Anda. Ini sangat mudah terjadi jika Anda sedang menjelaskan sesuatu yang sangat menggembirakan Anda. suatu godaan untuk dapat mencurahkannya sekaligus. Untuk membantu Anda keluar dari situasi ini, Anda harus mengingat pedoman ini. “Kata-kata akan membutuhkan waktu lebih lama untuk sampai dalam ruangan dibandingkan meja kopi. Maksudnya adalah berbicara di depan umum dan dalam pembicaraan di meja kopi tidaklah sama.
  3. Keadaan Pembicara yang Ahli.  Dalam public speaking, Alasan ketiga dimana Anda dianggap berbicara terlalu cepat yaitu  keahlian Anda pada suatu topik mungkin tidak sama dengan pendengar Anda. Data yang Anda miliki mungkin tidak dimengerti oleh pendengar Anda. Anda dapat mengetahuinya dari gerak tubuh pendengar Anda. jika mereka mengerti, mereka akan menunjukannya melalui bahas tubuh mereka.

Demikian dari saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan

Penulis buku best seller Public Speaking Mastery

Mau tingkatkan kemampuan public speaking anda ? Klik www.publicspeakingacademy.co.id

Dan anda bisa konsultasi workshop public speaking ke :

Ms Eli 08113440909 /Ms Tya 08113490909

 

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *