Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Cara Atasi Audiens Sontoloyo

Motivator | Pembicara | Public Speaking Presentasi, Public Speaking, atau kelas yang sudah Anda susun serta rancang dapat berjalan baik sesuai harapan adalah sebuah hal yang tentu sangat menyenangkan. Audiens Anda dapat belajar dengan maksimal dan materi yang Anda sampaikan dapat diterima dengan baik.

Presentasi yang Anda lakukan seringkali tidak berjalan dengan baik karena mendapatkan ganguan dari beberapa audiens yang tidak kooperatif, sehingga Anda perlu mengambil tindakan untuk mengembalikan dokus mereka sekaligus mengatus jalanya presentasi.

Baca juga : Menaikkan BBM Dalam Public Speaking

Berikut ini adalah 3 cara untuk mengatasi audiens sontoloyo :

1. Berikanlah Sindiran

Bertanyalah kepada audiens Anda “teman-teman yang dibelakang apakah Anda ada pertanyaan?” Sindiran Anda tersebut akan membuat mereka diam dan mulai memperhatikan Anda.

2. Berikanlah Teguran

Anda bisa menegur mereka dengan mengatakan ‘Bapak/Ibu yang dibelakang coba tolong perhatikan ke depan dulu ya.” Mereka akan merasa malu dan diperhatikan audiens lain setelah Anda mengatakan hal tersebut dan membuat mereka mulai memperhatikan apa yang Anda perhatikan.

3. Ambillah Tindakan

Ambillah sebuah tindakan jika audiens sontoloyo tersebut tetap melakukan hal yang sama saat Anda sudah memberikan sindiran atau teguran. Katakan kepada audiens tersebut “Bapak/Ibu yang sedang mengobrol di belakang silahkan selesaikan obrolannya di luar agar tidak mengangu jalannya kelas.”

Namun pastikanlah raut wajah dan nada bicara Anda tetap bersahabat ketika mengatakan hal tersebut agar Anda tidak terkesan sedang marah dan audiens tidak merasa terpojokkan.

Ayo lakukan hal tersebut agar kendali pada kelas yang sedang Anda bawakan berada ditangan Anda dan audiens dapat belajar dengan maksimal sesuai dengan yang Anda harapkan.

Semoga bermanfaat!

LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x