Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Cara Jitu Tingkatkan Keterampilan Komunikasi Klien

If you just communicate, you can get by. But if you communicate skillfully, you can work miracles.
–Jim Rohn

Motivator Indonesia | Public Speaking Indonesia | Cara Jitu Tingkatkan Keterampilan Komunikasi Klien

Sebagian orang akan memilih suatu perusahaan hanya karena kualitas produk atau layanan yang tersedia. Namun, alangkah lebih baiknya suatu usaha mengikutsertakan penawaran dukungan pelanggan dan komunikasi yang sangat baik untuk membangun identitas yang kuat dan hubungan yang langgeng dengan klien. Fakta ditemukan oleh Swetha Amaresan seorang Senior Marketing Coordination for Nickelodeon International melalui Hubspot bahwa lebih dari 75% klien akan melanjutkan hubungan bisnis dengan perusahaan yang memiliki keterampilan komunikasi klien yang baik bahkan setelah perusahaan melakukan suatu kesalahan.

Para klien yang berkelanjutan ini memungkinkan untuk merekomendasikan perusahaan tersebut kepada orang lain, sehingga perusahaan mendapatkan lebih banyak klien dengan mudah. Hal ini menjadi bukti konkret bahwa suatu usaha dapat menjadi sukses apabila terdapat seseorang atau lebih dalam usahanya memiliki keterampilan komunikasi klien. Melakukan peningkatan melalui email, panggilan telepon, dan/atau percakapan menjadi lebih bermanfaat akan menimbulkan lebih banyak penjualan. Peningkatan penjualan ini dikaitkan dengan membangun kepercayaan dan hubungan baik dengan klien. Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk meningkatkan keterampilan komunikasi klien?

Berikut cara jitu tingkatkan keterampilan komunikasi klien menurut Sean Cope seseorang SEO Expert and Digital Marketing Consultant:

Baca Juga: Pentingnya Komunikasi di Lingkungan Kerja

1. Membangun hubungan antarmanusia
Komunikasi dengan klien dapat berjalan dengan lancar apabila terdapat ikatan antara Anda dengan klien Anda. Oleh karena itu, Anda dapat membangun ikatan dengan klien Anda dimulai dengan bersikap ramah, memiliki sikap positif, dan jujur. Terlepas dari bagaimana kepribadian dan kesibukan Anda, Anda diwajibkan untuk memperlakukan kebutuhan klien Anda adalah prioritas dan berikan perhatian yang lebih terhadap klien Anda.

Menciptakan hubungan ini sangat berperan penting dalam memastikan bahwa kebutuhan klien Anda terpenuhi dengan baik dan benar. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan cara komunikasi klien Anda, mungkin melalui telepon, email, atau pertemuan tatap muka. Hal ini bertujuan agar komunikasi dapat berjalan lancar dan baik Anda maupun klien Anda dapat menerima dan memahami pesan yang tersampaikan agar menciptakan ikatan yang lebih baik lagi.

2. Penetapan waktu interaksi
Anda diwajibkan untuk memiliki jadwal komunikasi yang konsisten sehingga klien Anda akan merasa nyaman dan memiliki pemikiran bahwa bisnis Anda memenuhi kebutuhannya dan tidak dilupakan. Interaksi ini dikaitkan dengan waktu klien Anda yang sangat berharga, sehingga Anda diwajibkan untuk selalu tepat waktu dan memberikan respons yang cepat kepada klien Anda. Namun, Anda perlu mengingat terdapat batasan dalam melakukan interaksi. Jangan hubungi klien Anda pada waktu tertentu, contohnya malam hari atau saat liburan.

3. Ajukan pertanyaan sesuai kebutuhan dan meminta masukan

Memberikan pertanyaan merupakan peranan penting dalam komunikasi, karena membantu pemahaman Anda dan memastikan antara Anda dengan klien Anda memiliki pemahaman yang sama. Selain itu, mengajukan pertanyaan menunjukkan bahwa Anda terlibat dan tertarik dengan percakapan.

Selain untuk membantu pemahaman Anda terkait kebutuhan klien, Anda dapat meminta masukan dari klien Anda yang bertujuan untuk meningkatkan hal-hal yang sekiranya kurang. Dengarkan dan renungkan apa yang telah klien Anda sampaikan dan cobalah untuk memperbaikinya.


Cobalah memperhatikan beberapa poin di atas, sehingga Anda dapat memahami cara untuk meningkatkan keterampilan komunikasi klien. Dan mari tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik https://ongkyhojanto.com atau untuk menanyakan mengenai Training Motivation Mastery atau Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Gaby 0812 7194 0909


Klik disini: 3 Tantangan Komunikasi Interpersonal
Semoga bermanfaat !

LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x