Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Cara Membuat Audiens Menikmati Pelatihan Anda

Motivator Indonesia | Public Speaking Indonesia | Cara Membuat Audiens Menikmati Pelatihan Anda

Joanna Hernik, Elżbieta Jaworska dalam jurnal mereka yang berjudul the effect of enjoyment on learning menyimpulkan bahwa audiens lebih cenderung mengingat pesan dari trainer yang humoris. Kata humoris disini tidak berarti seluruh audiens terbahak-bahak atau trainer harus pintar melucu, namun lebih ke training yang “asik” dalam cara penyampaiannya.

Sejalan dengan kriteria penilaian sebuah proses belajar yang digagas oleh Donald Kirkpatrick, Ph.D, dimana evaluasi level pertama sebuah pelatihan adalah “reaksi,” yang mengukur apakah peserta didik menganggap pelatihan tersebut menarik, disukai, dan relevan dengan pekerjaan mereka.

Oleh karena itu, penting bagi seorang training memiliki kemampuan “menyenangkan” audiens sehingga tercipta proses belajar yang ‘asik’. Beberapa hal ini perlu dipertahatikan untuk dapat mewujudkan hal tersebut :

Baca Juga : Tips Meningkatkan Keterlibatan Audiens Saat Public Speaking

1. Diksi
Pilihlah kata yang dipahami oleh audiens Anda sehingga memudahkan mereka mengingat apa yang Anda sampaikan, memahami apa yang Anda katakan. Penting untuk mengetahui latar belakang audiens Anda sebelum memulai sebuah proses pelatihan.

2. Cerita
Cerita merupakan bagian dari penjelasan poin haruslah mudah mereka tangkap karena berhubungan dengan keseharian audiens Anda. Cerita  bisa datang dari pengalaman Anda sebagai trainer atau juga pengalaman orang lain. Hafalah cerita tersebut, sehingga Anda lancar dalam meyampaikannya. Hindari untuk membaca certita yang akan Anda sampaikan.

3. Permainan
Jika Anda memilih permainan untuk menunjang poin yang sementara Anda bahwa, maka perhatikan waktu, peralatan, keamanan dan pemaknaan karena ketiga hal tersebut akan menentukan efektifitas penyampaian Anda.


Mari tingkatkan kemampuan komunikasi diri anda dengan klik https://ongkyhojanto.com/atau untuk menanyakan mengenai training motivation mastery atau training public speaking silahkan hubungi wa.me/6281271940909

Klik disini : Cara Meningkatkan Body Language Saat Public Speaking
Semoga bermanfaat

Ongky Hojanto

    LinkedIn
    0 0 votes
    Article Rating
    Subscribe
    Notify of
    guest

    0 Comments
    Inline Feedbacks
    View all comments

    Latest Post

    Get My Books

    Best seller books
    0
    Silahkan berikan komentar Andax
    ()
    x