Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Cara Membuat Audiens Terlibat

Motivator | Pembicara | Public Speaking Jika ada 100 audiens yang hadir dalam kelas seminar Anda, apakah 100 orang tersebut bisa dikategorikan sebagai peserta yang sedang belajar? Jawabannya adalah tidak. Tidak semua audiens yang hadir akan melakukan proses belajar seperti yang Anda harapkan, ada beberapa audiens yang hadir hanya untuk mengisi absen atau sekedar memenuhi bangku yang ada.

Untuk membuat audiens melakukan proses belajar sebagaimana seharusnya, sebagai pembicara Anda harus bisa membuat mereka terlibat dalam proses belajar mengajar tersebut sehingga mereka mendapat manfaat dari apa yang Anda jelaskan dan tidak pulang tanpa membawa sebuah ilmu baru.

Baca juga : Menaikkan BBM dalam presentasi

3 cara untuk membuat audiens terlibat :

1. Rangsang audiens Anda

Rangsanglah audiens Anda yang hadir pada kelas tersebut dengan memberikan hadiah, penghargaan, atau pujian sederhana saat mereka terlibat aktif dalam kegiatan yang ada sehingga mereka merasa berharga dan berarti saat melakukan hal tersebut.

2. Dorong audiens Anda

Dorong mereka untuk terlibat dalam kelas tersebut dengan menyampaikan manfaat yang akan diperoleh oleh para audiens tersebut apabila mereka melakukannya. Setelah mendengarkan apa saja manfaat apabila mereka terlibat, mereka akan tergerak untuk mau terlibat.

3. Paksa audiens Anda

Paksa peserta atau audiens Anda dengan meminta ide atau pendapat mereka secara personal bagi peserta yang banyak diam atau kurang memberikan respon selama kelas Anda berlangsung.

Ayo lakukan ketiga hal tersebut agar kelas yang sedang Anda bawakan menjadi hidup dan audiens yang hadir dapat berpartisipasi aktif untuk mengikuti semua rangkaian kelas. Jangan biarkan kelas yang sudah Anda rancang jauh-jauh hari menjadi garing karena minimnya partisipasi audiens.

Semoga bermanfaat!

LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x