Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on Oct 26, 2017 in Articles | 0 comments

Cara Mengatasi Trouble maker diseminar

Cara Mengatasi Trouble maker diseminar

Motivator yang sering membuat sebuah seminar presentasi atau public speaking, saya mengalami beberapa hal ini dan mungkin saja Anda juga pernah mengalami hal seperti ini :

Pertama peserta sibuk bercerita satu sama lain

Kedua peserta sibuk dengan handphone atau gadget mereka

ketiga peserta membuat beberapa keributan

Ada beberapa cara untuk mengatasi hal ini :

Pertama lakukan intervensi . Rusak pembicaraan mereka. Anda bisa menanyakan apakah mereka memiliki pertanyaan yang akan ditanyakan. contoh : “Bapak berdua dibelakang apakah ada pertanyaan?”

“Kalau tidak ada, tolong perhatikan didepan”

Kedua Anda bisa menegur langsung peserta tersebut. Dengan mengatakan “Bapak / Ibu yang sementara bercerita tolong perhatikan didepan” atau “Bapak / ibu jika ada pertanyaan tolong tanyakan ke depan dan jangan anda tanyakan ke samping kiri samping kanan”

Dan apabila anda merasa sangat terganggu oleh ulah Pesarta tersebut, Anda dapat meminta mereka memilih apakah mau melanjutkan seminar anda dengan catatan fokus dan konsentrasi atau yang kedua mereka dapat meninggalkan ruangan seminar Anda

“Bapak/Ibu yang di pojok, apakah masih mau melanjutkan seminarnya atau mau diskusi dulu diluar ruangan?”

“Jika mau melanjutkan seminarnya, tolong fokus kedepan dulu”

Sebelum meminta mereka untuk keluar ruangan seminar pastikan anda harus menjelaskan betapa pentingnya Seminar ini untuk diri mereka. Contohnya : “Bapak/Ibu, Saya yakin bila ini bermanfaat untuk karir Anda oleh karena itu tolong anda perhatikan di depan atau jika anda merasa tidak bermanfaat bagi anda anda silahkan keluar ruangan”

Ingatlah selalu bahwa, sebagai seorang pembicara anda memiliki hak untuk menegur dan bahkan “mengusir” peserta sekiranya mereka mengganggu jalannya seminar anda.

Anda tidak harus mengikuti workshop Public Speaking Jakarta / certified public Speaking yang akan melatih anda menjadi percaya diri, serta terampil dalam public Speaking, dengan menghubungi 08113440909 atau 08113490909. Public Speaking Jakarta

 

 

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *