Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on Feb 5, 2018 in Articles | 0 comments

Cara Menghindari “Kartu kuning” saat presentasi

Cara Menghindari “Kartu kuning” saat presentasi

Motivator Indonesia | Ketidak pekaan membaca situasi dan kondisi audiens membuat pembicara tidak mengerti tanda kebosanan yang dialami oleh audiens. Sehingga penting untuk melakukan tiga hal ini, sebelum anda mendapatkan kartu kuning saat presentasi:

1. Persiapan

Persiapkan diri anda dalam hal penguasaan materi yang akan anda bawakan. Pastikan anda menguasai poin-poin utama yang anda ingin sampaikan dan hindari untuk membaca poin-poin tersebut sehingga meninggalkan kesan anda tidak menguasainya. Bacalah beberapa kali materi yang akan anda bawakan dan buatlah jembatan keledai yang memudahkan audiens anda mengingat poin tersebut.

2. Penyusunan

Sisipkanlah data-data penujang poin yang anda sampaikan yang berasal dari sumber yang dapat dipercaya dan masukanlah beberapa humor untuk mencairkan suasanan presentasi anda. Dan pastikanlah humor yang anda sampaikan harus memiliki hubungan dengan poin yang anda bahas.

Baca juga : Presentasi yang membosankan

3. Penyampaian

Antusiaslah saat membawakan presentasi. Volume suara haruslah terdengar oleh seluruh audiens anda. Gunakanlah alat bantu, untuk memperbesar volume suara anda. Berbicaralah dengan sedikit lebih cepat sehingga, mainkanlah intonasi suara anda.

Terpenting juga melatih bahasa tubuh sehingga tidak kaku atau bahkan diam. buatlah beberapa gerakan tangan yang menandakan anda antusias saat berbicara.

Mungkin saja, anda bertanya cara belajar presentasi yang hebat. Klik disini dan temukan jawabannya

Motivator | Training Motivasi

Demikian dari saya Ongky Hojanto
Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan
Penulis buku best seller Public Speaking Mastery

 

 

 

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *