Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Cara Meningkatkan Body Language Saat Public Speaking

Language is a more recent technology. Your body language, your eyes, your energy will come through to your audience before you even start speaking.” – Peter Guber

Motivator Indonesia | Public Speaking Indonesia | Cara Meningkatkan Body Language Saat Public Speaking

Ketika Anda menjadi pembicara di depan umum, Anda tidak hanya berbicara, tetapi Anda juga berbicara dengan bahasa tubuh Anda. Bahasa tubuh adalah bagian penting dari keberhasilan berbicara di depan umum. Penggunaan bahasa tubuh akan berdampak pada cara pesan Anda diterima, persentase tingkat kebesaran keterlibatan audiens, dan apa yang audiens pikirkan tentang Anda sebagai seorang pembicara. Menurut Sophie Thompson seorang co-founded VirtualSpeech mengatakan bahwa menggunakan bahasa tubuh dapat membuat perbedaan besar pada saat Anda berbicara di depan umum. Hal ini didukung oleh Benjamin Ball seorang chief coach pada Benjamin Ball Associates bahwa bahasa tubuh dapat menjadi alat yang ampuh untuk melibatkan audiens Anda, menunjukkan ketertarikan, dan menyampaikan presentasi yang lebih berdampak. Lalu bagaimana cara meningkatkan body language saat public speaking?

Berikut cara meningkatkan body language saat public speaking menurut Jesse Scinto seorang deputy program director of strategic communication:

Baca juga: Penerapan Teknik Teatrikal Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara di Depan Umum

1. Pandangan mata yang fokus
Anda harus memfokuskan pandangan mata Anda pada satu orang saat berbicara di depan umum. Apabila terdapat jeda saat Anda berbicara, Anda dapat mengalihkan pandangan mata Anda kepada orang yang lain. Hindari pandangan mata tidak terarah karena menunjukkan ketidakpastian. Saat Anda berbicara, mata Anda wajib tertuju pada mata orang lain.

2. Posisi yang tegas
Anda harus menempatkan posisi kaki Anda selebar bahu Anda saat berbicara. Hindari berjalan tanpa arah dan tujuan, karena akan menandakan kegelisahan dan ketidakpastian. Saat Anda ingin pindah ke area lain, Anda dapat berjalan dan lakukanlah kontak mata sebelum Anda mulai berbicara lagi.

3. Gerakan terstruktur
Anda dapat menggunakan gerakan untuk memberi penekanan pada kalimat yang Anda ucapkan. Mengangkat kedua tangan secara bersamaan dengan telapak tangan terbuka saling berhadapan untuk memberi isyarat pada kata-kata penting. Saat Anda tidak bergerak, Anda dapat meletakkan tangan pada samping tubuh. Hindari gerakan seperti menggenggam, memasukkan ke dalam saku, dan menyilangkan tangan pada saat berbicara di depan umum.

4. Vokal yang jelas
Saat Anda berbicara di depan umum, bersuaralah cukup keras agar terdengar oleh seluruh audiens. Hal ini harus dilakukan karena pada saat berada pada ruangan besar atau berkarpet, suara Anda akan menghilang dengan cepat. Anda dapat bernapas dan berbicara dari diafragma agar menghasilkan suara yang cukup keras. Bernapas dari diafragma dapat dilakukan dengan meletakkan tangan Anda di perut dan tarik napas dalam-dalam, lalu gunakan udara untuk mendukung kata-kata Anda.

5. Fokus pada perbaikan
Perbaikan adalah hal terpenting dalam setiap aspek yang kita lalui dan lakukan. Anda dapat menggunakan media pendukung seperti video untuk merekam audiens yang mendengarkan Anda berbicara di depan umum. Fungsinya adalah untuk melihat bagaimana mereka merespon Anda. Dengan adanya dukungan media, Anda dapat mengetahui lebih jelas tentang apa yang dapat Anda latih untuk hasil yang lebih baik ke depannya.


Cobalah memperhatikan lima hal di atas, sehingga Anda dapat meningkatkan body language Anda saat public speaking. Dan mari tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik https://ongkyhojanto.com atau untuk menanyakan mengenai Training Motivation Mastery atau Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Gaby 0812 7194 0909

Klik disini: Penting ! Kontak Mata Saat Berbicara di Depan Umum
Semoga bermanfaat !

LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x