Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Cara Mudah Membuat Perumpamaan Dalam Presentasi

“Perumpamaan adalah jendela bagi pengetahuan.” – James Daniel Smith.


Pembicara | Public Speaking | Public Speaking Indonesia | Cara Mudah Membuat Perumpamaan | Motivasi | Motivator | Motivator Indonesia

Masing-masing orang memiliki kecepatan yang berbeda-beda untuk memahami suatu materi. Oleh karena itu, penggunaan ilustrasi akan sangat membantu untuk mempercepat proses pemahaman audiens Anda. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan menyisipkan perumpamaan. Namun masih banyak diantara teman-teman yang mengalami kesulitan untuk membuat cerita jenis perumpamaan saat presentasi atau public speaking. Lalu bagaimana cara untuk menyusun perumpamaan yang tepat dalam presentasi ?  Coba gunakan 2 kata sambung ini !

Baca Juga : Penyebab Takut Public Speaking

1. Ibarat

Gunakanlah kata ibarat dalam penyambungan kata ketika Anda akan membuat perumpamaan dalam presentasi atau public speaking, misalnya : Menyusun isi presentasi atau public speaking ibarat Anda menyusun sebuah puzzle, ada bagian-bagian yang harus Anda satukan sehingga membentuk sebuah gambar yang indah.

2. Sama Seperti

Kata sama seperti dapat menjadi salah satu pilihan kata yang baik untuk menjadi kalimat penyambung saat membuat perumpamaan dalam presentasi atau public speaking, contohnya : Menutup presentasi sama seperti sopir taksi saat berhenti. Ada 3 jenis supir taksi, yang pertama adalah supir taksi yang tidak pernah tahu kapan dia berhenti. Dia berputar-putar, berputar-putar. Lalu yang kedua adalah sopir taksi yang rem mendadak ketika berada pada titik perhentian. Lalu yang ketiga adalah supir taksi yang berhenti dengan terencana sehingga ketika ia melihat titik perhentian itu, kendaraannya mulai diturunkan kecepatannya dan berhenti dengan baik dititik perhentian itu.

Cobalah untuk menggunakan dua kata di atas sebagai kalimat sambung Anda dalam membuat kalimat perumpamaan saat presentasi atau public speaking sehingga audience Anda dapat dengan lebih mudah memahami materi yang sementara Anda sampaikan. Public speaking adalah keterampilan yang bisa dipelajari. Mari Tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik publicspeakingacademy.co.id atau Untuk menanyakan mengenai Training Motivation Mastery atau Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Ivena 0811 3440 909.

Demikian Saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi koran Kontan

Penulis Buku Best Seller Public Speaking Mastery Versi Gramedia Pustaka Utama

Founder Public Speaking Academy

Klik Disini : Bangkit dari kegagalan

Semoga bermanfaat !

LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x