Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

5 Tips Manajamen Bisnis Untuk Cegah Bisnis Startup Kolaps

“The very best startup ideas have three things in common: They’re something the founders themselves want, that they themselves can build, and that few others realize are worth doing. Microsoft, Apple, Yahoo Google, and Facebook all began this way.” – Paul Graham, Co-Founder of Y-Combinator.


Motivator | Motivator Indonesia | Pembicara | Public Speaking | Cegah Bisnis Startup Kolaps

Bisnis startup sangat penting bagi perekonomian Kita saat ini. Mereka adalah pencipta lapangan kerja, inovator, dan penuh dengan kreator yang membawa banyak ide baru. Jika Anda memimpin sebuah perusahaan startup, Anda tahu ini tidak mudah dan ada begitu banyak hal yang perlu Anda lakukan, salah satu yang paling kritis dan sering diabaikan adalah manajemen bisnis.

Skill manajemen bisnis yang baik akan membantu bisnis Anda tumbuh dan berkembang untuk tahun-tahun yang akan datang. Namun sayangnya hasil penelitian yang dilakukan oleh Michael E. Gerber menyatakan bahwa 80% perusahaan tutup di satu tahun pertama, sisanya tinggal 20% dan dari sisa ini dalam waktu Empat tahun berikutnya 80% tutup lagi. Jadi dalam waktu Lima tahun dari semua perusahaan yang baru buka hanya terdapat 4% yang dapat bertahan hidup. Lalu bagaimana caranya agar perusahaan Anda dapat terhindar dari kebangkrutan ?


Baca Juga : 4 Strategi Manajemen Bisnis Saat Hadapi Resesi

Berikut 5 tips manajemen bisnis untuk cegah bisnis startup kolaps :

1. Tentukan visi dan misi

Manajemen bisnis paling efektif dan efisien ketika Anda memiliki visi dan misi yang memberi Anda arah dan tujuan. Rencanakan berapa banyak pendapatan yang ingin Anda peroleh selama setahun. Kemudian Untuk dapat mewujudkan pencapaian Anda pada jumlah pendapatan yang telah Anda rencanakan maka Anda harus membuat rencana kerja yang realistis untuk dapat mencapainya. Selain itu, rencanakan jugalah pengeluaran bisnis dan margin keuntungan yang Anda harapkan.

2. Atur Time Manajemen Yang Baik

Time manajemen adalah cara untuk menggunakan waktu sebaik mungkin sehingga pekerjaan dapat diselesaikan dengan cepat dan cerdas, hal tersebut sejalan dengan yang disampaikan oleh Davidson dalam Time Management for Turbulence Time.

Time Manajement yang baik dapat membantu mendorong perusahaan untuk dapat lebih cepat mencapai kesuksesan, menurunkan turnover karyawan, meningkatkan sikap disiplin karyawan serta dapat membantu perusahaan dalam menekan biaya tambahan yang harus dikeluarkan untuk para karyawan yang melakukan lembur atau berkerja diluar jam kerja.

3. Dengarkan pendapat tim Anda

CEO yang visioner pasti akan mempekerjakan orang-orang cerdas. Untuk itu cobalah dengarkan pendapat yang Mereka berikan. Agar Anda memiliki ide-ide baru yang kreatif dan inovatif untuk membantu bisnis Anda dapat terus bertumbuh.

4. Membangun hubungan baik dengan tim

Membangun hubungan Tim work yang baik sangat dibutuhkan dalam mencapai kesuksesan karena kesuksesan suatu perusahaan tidak akan mampu tercapai bila hanya melalui kesuksesan satu atau dua anggotanya saja. Maka agar bisnis startup Anda dapat terus bertumbuh, Anda harus menjaga hubungan tim work Anda dengan baik.

5. Jangan patah semangat !

Memiliki mental baja sangat penting dalam bisnis, karena selera orang bisa berubah dengan cepat dan apa yang berhasil pada hari ini mungkin tidak lagi berhasil pada esok hari. Maka teruslah meng-update skill dan kemampuan yang Anda miliki, serta jangan takut untuk berinovasi sesuai market trend untuk bisa survive.

Untuk mencegah Bisnis Startup Anda Kolaps maka terapkanlah 5 tips diatas !

Mau tahu tips-tips membangun bisnis startup lainnya?

Bisa kunjungi website kami di www.publicspeakingacademy.co.id

Demikian saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi koran Kontan

Penulis Buku Best Seller

Founder Public Speaking Academy


Klik Disini : Bangkit dari kegagalan

Semoga bermanfaat!

Source:

https://www.entrepreneur.com/starting-a-business/why-business-management-for-startups-is-essential-for-growth/402353
LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x