Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Jenis Cerita Saat Public Speaking

Motivator | Pembicara | Public Speaking Cerita adalah salah satu teknik dalam presentasi yang dapat membantu Anda untuk menyampaikan materi kepada audiens agar lebih mudah dipahami, sebagai penunjang poin-poin bahasan Anda, serta menarik dan meningkatkan fokus dari audiens Anda. Dengan sebuah cerita Anda bisa mengubah cara berpikir seseorang dan membuatnya terinspirasi untuk melakukan seperti yang Anda ceritakan, sehingga teknik bercerita sangat cocok untuk Anda gunakan sebagai pembuka presentasi atau public speaking.

Ingat, tidak semua cerita dapat Anda jadikan sebagai pembuka presentasi atau public speaking Anda. Dalam dunia presentasi atau public speaking dikenal beberapa jenis cerita yang bisa Anda gunakan sebagai pembuka, apa saja?


Baca juga : Cara buruk bercerita

Tiga jenis cerita saat public speaking :

1. Personal Story

Dimana Anda menceritakan pengalaman pribadi diri Anda yang memiliki kaitan atau korelasi terhadap materi atau poin bahasan yang sedang Anda bahas pada presentasi tersebut kepada audiens Anda.

2. Historical Story

Dimana Anda menceritakan pengalaman seseorang, entah itu teman Anda, seorang tokoh, ataupun orang lain diluar diri Anda sebagai bahan penunjang dari poin-poin yang sedang Anda bahas saat itu.

3. Perumpamaan

Anda dapat menggunakan metafora atau sebuah perumpamaan sebagai cerita yang menunjang materi presentasi Anda agar audiens Anda merasa tertarik dan tidak mengantuk saat Anda menjelaskan materi presentasi.

Ayo lakukan teknik bercerita sebagai teknik pembuka presentasi Anda agar presentasi atau public speaking yang Anda bawakan lebih menarik perhatian audiens dan mendapatkan banyak feedback.

Semoga bermanfaat!

LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x