Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Ciptakan Pengalaman Konsumen yang Bermakna – Bukan Sekadar Transaksi

We see our customers as invited guests to a party, and we are the hosts. It’s our job every day to make every important aspect of the customer experience a little bit better.”

Motivator Indonesia | Public Speaking Indonesia | Ciptakan Pengalaman Konsumen yang Bermakna – Bukan Sekadar Transaksi

Kebijakan konvensional menyatakan bahwa konsumen berbelanja pada suatu merek yang memiliki produk dan layanan paling sesuai dengan kebutuhan mereka. Namun tidak hanya berbelanja, konsumen juga mencari pengalaman yang bermakna. Konsumen akan menyadari hal yang ia rasakan, yakni merasakan sebuah pengalaman dengan perusahaan atau merek dan sekedar berbisnis dengannya. Hal ini menjadi poin penting yang harus diperhatikan setiap perusahaan.

Perusahaan atau merek yang tidak menunjukkan kepribadiannya mungkin kehilangan kesempatan untuk menciptakan hubungan dengan konsumen. Perusahaan harus melakukan sesuatu yang membuat konsumen merasa mengalami suatu hal yang lebih dari deskripsi produk dan/atau layanan, melakukan pemesanan, dan/atau memenuhi pesanan. Hal ini selaras dengan ungkapan Shep Hyken seorang customer service/CX expert and New York Times bestselling author, perbedaan antara sekadar menjalankan bisnis dengan perusahaan dan mendapatkan pengalaman yang bermakna terletak pada kepribadian unik dan keterlibatan yang dibawa oleh perusahaan dan karyawan dalam setiap interaksi. Lalu, apa saja yang perlu diperhatikan dalam rangka menciptakan pengalaman konsumen yang bermakna?

Berikut 3 hal yang perlu diperhatikan untuk menciptakan pengalaman konsumen yang bermakna yang dikemukakan oleh Andrew Park seorang Customer Experience Strategy:

Baca juga: Menciptakan Pengalaman Kepribadian Terhadap Merek ? Ini Caranya !

1. Audiens yang benar, masalah yang benar
Beberapa audiens lebih menghargai waktu yang dimiliki suatu perusahaan dibandingkan hal lain. Pentingnya suatu perusahaan untuk menciptakan makna bagi konsumen melalui mempertimbangkan masalah yang dapat diselesaikan dengan berfokus pada audiens tertentu. Pendekatan ini penting karena memungkinkan perusahaan untuk melihat suatu momen kebenaran yang dimiliki konsumen. Momen ini menampilkan saat konsumen menemukan pentingnya interaksi dengan suatu perusahaan, tidak hanya terfokuskan pada produk dan layanan. Adanya hubungan ini akan menciptakan hasil positif, membangun loyalitas, dan menghasilkan keuntungan yang lebih kuat.

2. Berbagi
Langkah berikutnya adalah demokratisasi data, yaitu membagikan suatu berita terkait momen kebenaran yang dimiliki konsumen. Demokratisasi data adalah kegiatan penting yang wajib dilakukan agar seluruh karyawan mengetahui pengalaman yang dimiliki konsumen. Pertama, memberikan gambaran sekilas kepada setiap karyawan mengenai peran karyawan dalam mempengaruhi konsumen. Kedua, memudahkan karyawan untuk mengidentifikasi momen-momen penting. Pada akhirnya, perusahaan yang sengaja melakukan demokratisasi data sejak awal mendapatkan lebih banyak manfaat dibandingkan perusahaan yang gagal merancang strateginya.

3. Mendengarkan dengan empati
Kunci terakhir yang menjadi poin penting dan kerap kali sering diabaikan adalah empati. Empati menjadi kunci untuk memahami suatu momen kebenaran dan berakhir pada kesuksesan bisnis. Strategi penerapan empati membangun kesuksesan perusahaan yang tansformasional dan hubungan emosial yang bermakna dapat mempertahankan konsumen tanpa batas.


Cobalah memperhatikan tiga hal di atas, sehingga Anda dapat menciptakan pengalaman konsumen yang bermakna. Dan mari tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik https://ongkyhojanto.com atau untuk menanyakan mengenai Training Motivation Mastery atau Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Gaby 0812 7194 0909

Klik disini: Rahasia Sukses Menghadapi Konsumen Cuek
Semoga bermanfaat !

LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x