Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Cue Card – Kertas Contekan

Pidato singkat sehubungan dengan Peresmian kehadiran First Media di Malang yang berlangsung di Malang Town Square, dibawakan dengan menarik oleh Prof. Dr. Didik Junaidi Rachbini selaku komisaris Independen. Pidato yang dibuka dengan audiens participation melalui salam satu jiwa.


Pembicara | Public Speaking Indonesia | Cue Card –Kertas Contekan | Motivator 


Jika ada feedback yang dapat Saya berikan dalam acara tersebut adalah mengenai cue card yang di gunakan oleh beliau. Cue card tersebut terlalu besar dan mengganggu pandangan audiens. Cue card atau sering di sebutkan dengan note cards sebuah kartu yang berisi catatan dan berfungsi untuk membantu actor dan pembicara mengingat apa yang akan Mereka sampaikan. Cue cards sendiri awalnya di populerkan oleh John Barrymore diakhir tahun 1930an.


Baca Juga : 5 Penyebab Timbulnya Rasa Gugup Saat Presentasi
Ada Beberapa Cara Untuk Membuat Cue Card Yang Menarik :


1. Ukuran
Ukuran cue card janganlah terlalu besar. sabaiknya hanya sebesar seperempat HVS. kertas yang terlalu besar akan menghalangi audiens Anda untuk dapat melihat wajah Anda.


2. Tulisan
Hindari untuk menulis tangan. Ketiklah dengan rapih dan pastikan hurufnya dapat terbaca dengan jelas. Perhatikan juga jenis font dan warna yang Anda gunakan. Alangkah baiknya, setiap poin utama berbeda warna sehingga mudah untuk Anda bedakan dengan cepat. Selain dari itu, pastikanlah Anda memberikan angka-angka untuk setiap poin-poin Anda. Ingat juga untuk tidak menggunakan warna yang terlalu “tajam” seperti warna kuning, karena akan sulit untuk dilihat. Warna gelap yang kontras dengan background seperti hitam, biru tua, merah tua atau cokelat dapat menjadi pilihan Anda. Cantumkanlah nomor halaman disetiap kertas cue card Anda apabila itu lebih dari 1 lembar sehingga memudahkan Anda untuk melihat urutannya apabila kertas tersebut teracak.


3. Laminating
Laminatinglah, sehingga rapih dan tidak kusut. Laminating akan memberikan efek elegan kepada audiens Anda. Jadi, jika saat sekolah dulu Anda dan Saya dilarang untuk nyontek dalam public speaking Anda dapat melakukannya, akan tetapi lakukanlah dengan elegan.


Public speaking adalah keterampilan yang bisa dipelajari. Mari Tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik publicspeakingacademy.co.id atau untuk menanyakan mengenai Training Motivation Mastery atau Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Ivena 0811 3440 909.


Demikian Saya Ongky Hojanto
Pakar Public Speaking Indonesia versi koran Kontan
Penulis Buku Best Seller Public Speaking Mastery Versi Gramedia Pustaka Utama
Founder Public Speaking Academy


Klik Disini : Bangkit dari kegagalan
Semoga bermanfaat !

LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x