Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

5 Dampak Negative Dari Kurangnya Pelatihan Pengembangan Karyawan

Dalam UU No. 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan terdapat hak dan kewajiban bagi karyawan dan perusahaan untuk memberi, memperoleh, meningkatkan, serta mengembangkan kompetensi kerja, produktivitas, disiplin, sikap dan etos kerja pada tingkat keterampilan dan keahlian yang sesuai dengan jenjang dan kualifikasi jabatan atau pekerjaan.


Motivator | Motivator Indonesia | Pembicara | Public Speaking

Memiliki Karyawan yang kompeten tentu saja mampu membantu perusahaan dalam meningkatkan laba perusahaan. Kekompetenan seseorang mampu ditingkatkan melalui pelatihan pengembangan karyawan. Lalu apa yang akan terjadi apabila perusahaan tidak melakukan pelatihan pengembangan karyawan ? Inilah 5 dampak negative yang dapat terjadi akibat kurangnya pelatihan pengembangan karyawan !


Baca Juga : 3 Tips Meningkatkan Kinerja Karyawan

1. Menurunnya Loyalitas Karyawan

Dalam perusahaan, loyalitas diartikan sebagai suatu kesetiaan karyawan kepada perusahaan. Loyalitas karyawan sangat diperlukan untuk membantu perusahaan dalam mencapai target-target yang telah ditetapkan. Sehingga tanpa adanya loyalitas karyawan maka potensi perusahaan untuk dapat mencapai target akan semakin minim.

2. Menurunnya Produktivitas Karyawan

Dengan diadakannya pelatihan pengembangan karyawan maka akan ada pengetahuan, skill serta keahlian baru yang akan didapatkan. Hal tersebut tentu saja mampu membantu perusahaan untuk meningkatkan kemampuan dan meningkatkan produktifitas yang dimiliki oleh karyawan. Namun sebaliknya tanpa pelatihan pengembangan, karyawan tidak akan mendapatkan peningkatkan kemampuan dan tidak akan mengalami peningkatan produktifitas kerja.  Hal ini sejalan dengan hasil penelitian yang dilalukan oleh WayanWiriani (2013).

3. Menurunnya Tingkat Kesuksesan

Tanpa adanya pelatihan pengembangan pada karyawan maka para karyawan tidak akan mendapatkan penyamaan knowledge. Seperti yang Kita ketahui kesuksesan suatu organisasi tidak dapat diraih hanya melalui kesuksesan dari beberapa anggota saja, namun harus melalui kesuksesan-kesuksesan  yang dicapai oleh seluruh anggota-anggotanya. Oleh karena itu, pelatihan pengembangan karyawan sangat diperlukan dalam meningkatkan kesuksesan.

4. Meningkatnya Kesalahan Kerja

Tanpa adanya penyamaan knowledge dan tambahan pengetahuan, skill serta keahlian baru maka risiko terjadinya kesalahan kerja akan semakin meningkat (Dr Sardjito, 2019).

5. Meningkatnya Sikap Saling Menyalahkan Satu Sama Lain

Dengan menurunnya tingkat kesuksesan serta meningkatnya kesalahan dalam kerja, hal tersebut dapat membuat Kita terjebak dalam lingkaran setan dengan saling menyalahkan antar satu divisi dengan devisi lainnya. Oleh karena itu, pelatihan pengembangan karyawan sangat diperlukan untuk mencegah hal tersebut.

Inilah 5 Dampak Negative Dari Kurangnya Pelatihan Pengembangan Karyawan. Oleh karena itu, mari segera analisa skill apa yang perlu ditingkatkan dalam perusahaan Anda sehingga perusahaan mampu terhindar dari hal-hal negative diatas.


Klik Disini : Bangkit dari kegagalan

Semoga Bermanfaat !

LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x