Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Teknik 4P Untuk Membangun External Trust Dalam Presentasi Penjualan

“Perekat yang menyatukan hubungan bisnis, yaitu kepercayaan, dan kepercayaan ini murni didasari oleh integritas” – Brian Tracy.


Pembicara | Motivator | External Trust Dalam Presentasi Penjualan

Untuk membangun sebuah hubungan bisnis hal pertama yang harus didapatkan adalah kepercayaan antarsesama rekan bisnis. Sama halnya dengan presentasi penjualan untuk mencapai sebuah kata “Sepakat” maka dibutuhkan kepercayaan. Oleh karena itu, gunakanlah teknik 4P berikut ini untuk membangun eksternal trust dalam presentasi penjualan !

Baca Juga : 3 Manfaat Pelatihan Dalam Pencapaian Visi Perusahaan

1. Penyampaian Dengan Kredibel

Penyampaian merupakan faktor penting dalam membangun kepercayaan pada presentasi penjualan. Oleh karena itu, Anda perlu membangun keterampilan penyampaian / komunikasi yang memiliki kredibilitas yang tinggi. Gunakanlah Logos (Hasil penelitian atau kutipan seorang pakar), hal tersebut sejalan dengan yang disampaikan oleh Robert Cialdini dalam bukunya yang berjudul Influence, bahwa kita cenderung memberikan kepercayaan kepada orang-orang yang dianggap otoritas di bidangnya dan sertakan jugalah pathos (testimoni).

2. Penguasaan Materi

Penguasaan materi yang efektif dapat membantu membangun hubungan baik dengan audiens dan membangun kepercayaan. Agar Anda dapat menguasai materi dengan baik maka kunci utamanya adalah latihan, bahkan menurut majalah bisnis dan finansial Amerika Serikat, Forbes, Steve Jobs, selalu menghabiskan berjam-jam selama berminggu-minggu untuk persiapan presentasi setiap peluncuran produk barunya.

3. Penampilan

Peran penampilan dalam presentasi penjualan sangatlah penting, karena memainkan peran penting dalam membangun kepercayaan, membangun hubungan baik, dan membuat kesan mendalam pada calon klien (LinkedIn, 2023). Jika kita berbicara tentang penampilan maka perhatikanlah 3 hal berikut ini : Yang pertama, pastikan riasan wajah atau make up yang Anda kenakan tidak berlebihan karena menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh L.L. Garber Jr., E.D. Honeycutt Jr. and M.J. Dotson dalam jurnalnya yang berjudul The use of personal appearance cues to infer sales rep character menunjukkan bahwa rambut di wajah, riasan wajah dan aspek penampilan pribadi lainnya dapat memengaruhi penilaian konsumen terhadap karakter Anda. Yang kedua, perhatikanlah gaya pakaian yang Anda kenakan, pastikan sudah tepat (sesuai dengan profesi Anda) dan hindarilah warna-warna yang terlalu mencolok. Dan yang ketiga, perhatikanlah aksesoris yang Anda kenakan, pastikan memiliki korelasi dengan topik yang sementara Anda bahas atau profesi Anda dan pastikan juga jumlah aksesoris yang Anda gunakan tidak berlebihan karena penggunaan aksesoris yang terlalu banyak atau berlebihan akan menimbulkan kesan terlalu heboh dan bisa saja ini akan menurunkan kredibilitas Anda dihadapan calon klien.

4. Penyusunan Penawaran

Untuk membuat penawaran yang sulit ditolak maka Anda harus memaparkan benefit apa yang akan didapatkan oleh customer apabila membeli produk yang Anda tawarkan. Kebanyakan sales hanya memaparkan fitur-fitur yang ada pada produk yang ditawarkan sehingga tidak memiliki dampak secara langsung terhadap customer. Kemudian berikanlah bonus yang nilainya abu-abu dan harus bernilai lebih besar dibandingkan harga produk yang Anda tawarkan. Contoh : Beli paket 30+ video e-learning public speaking mastery senilai Rp 99.000 gratis konsultasi via telegram senilai Rp 500.000

Dengan membangun external trust dalam presentasi penjualan itu berarti akan meningkatkan peluang closing rate Anda. Mari Tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik publicspeakingacademy.co.id atau untuk menanyakan mengenai Training Motivation Mastery atau Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Ivena 0811 3440 909.

Demikian Saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi koran Kontan

Penulis Buku Best Seller Public Speaking Mastery Versi Gramedia Pustaka Utama

Founder Public Speaking Academy

Klik Disini : Bangkit dari kegagalan

Semoga bermanfaat !

LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x