Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

3 Fakta Keliru Mengenai Motivator

“Seorang guru mempengaruhi keabadian; dia tidak pernah tahu di mana pengaruhnya berhenti.” – Henry Adams.


Pembicara | Public Speaking | Public Speaking Indonesia | Motivasi | Motivator | Motivator Indonesia | Fakta Keliru Mengenai Motivator

Motivator adalah sebuah profesi yang sama dengan profesi seorang guru ataupun dosen, dia mengajar dan membimbing para pesertanya untuk memiliki kemampuan atau skill yang baru untuk membantu Mereka mencapai kesuksesan dengan lebih mudah dan cepat. Bedanya guru atau dosen telah mendapat pengakuan dari masyarakat, sementara profesi sebagai motivator atau professional public speaker di Indonesia belum mendapat tempat yang layak dimata masyarakat.


Baca Juga : Motivator Abal – Abal

Hal Ini Disebabkan Oleh Beberapa Asumsi Yang Keliru Menganai Profesi Ini. Beberapa Salah Kaprah Yang Sering Terjadi :

1. Modal Omongan Doank

Orang berpikir bahwa motivator adalah orang yang banyak ngomong dan menjual omongan. Asumsi ini tidak sepenuhnya salah, Saya mengamati bahwa banyak orang merasa diri Mereka motivator atau lebih tepatnya memberikan embel-embel gelar motivator di bawah nama Mereka karena merasa bisa ngomong didepan umum.

Padahal, untuk menjadi motivator Anda perlu untuk belajar. Dalam Workshop Trainerpreneur Saya mengajarkan 3S yang harus dimiliki oleh seorang Motivator salah satunya adalah Subject Mastery dimana Anda haruslah menjadi master didalam topic yang akan Anda ajarkan. Para professional Public Speaker (motivator) adalah orang yang memiliki ilmu dan pengetahuan serta telah menjadi Master di topic yang akan dia bawakan.

2. Enak Didengar Sulit Dilaksanakan

Para Motivator yang baik akan membuat simple hal-hal yang rumit sehingga Anda dengan mudah dapat menjalankan hal tersebut. Banyak motivator yang hanya mengandalkan semangat untuk memacu emosi dari audiens tetapi tidak di ikuti oleh “how to” atau solusi nyata dan aplikatif.

Tetapi jika Anda teliti dan jeli, maka ada banyak motivator yang isi seminar Mereka penuh dengan edukasi, tips, teknik dan trik atau “how to”. Tung Desem Waringin adalah salah satu Guru Favorite Saya yang isi seminar beliau kaya akan “how to”

3. Cuma Bisa Memotivasi

“Saya ngak butuh motivasi” itulah kata-kata yang sering terdengar kalau orang diajak ikut seminar.

Padahal ada berbagai jenis seminar yang isinya tidak melulu motivasi, tapi edukasi. Contohnya : Saya belajar internet marketing, bisnis, property dan saham dari seminar. Jauh dari unsur motivasi murni yang isinya teriak – teriak. Jadi sekali lagi ada berbagai jenis seminar diluar sana. Carilah sesuai kebutuhan Anda.

Jadi seperti sekolah. Ada sekolah yang baik, ada sekolah dengan standar yang rendah, maka demikian juga grade para Motivator. Ada motivator dengan kualitas International dan ada yang kualitas pas-pasan.

Tinggal kejelian Anda dalam memilih mau belajar dari siapa ?

Ingin Membaca Artikel Menarik Lainnya ?

Bisa kunjungi web Kami di publicspeakingacademy.co.id

Demikian Saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi koran Kontan

Penulis Buku Best Seller

Founder Public Speaking Academy

Klik Disini : Bangkit dari kegagalan

Semoga bermanfaat !

LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x