Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Improvisasi Kontak Mata Saat Public Speaking

Eye to eye contact is the best way of communication.” – Nikita Gogoi

Motivator Indonesia | Public Speaking Indonesia | Improvisasi Kontak Mata Saat Public Speaking

Koneksi dapat dianggap sebagai ikatan dan hal tersebut yang ingin Anda capai saat menjadi seorang public speaker. Satu hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan pengaruh Anda sebagai public speaker dan memahami sudut pandang Anda adalah dengan melakukan kontak mata yang berkelanjutan dan bermakna dengan audiens Anda. Selaras dengan ucapan Jodi Schulz seorang co-director of the Michigan State University Extension Childern and Youtj Institute and leader for Michigan 4-H, bahwa kontak mata sangat penting selama percakapan karena ini adalah cara komunikasi yang menunjukkan emosi atau minat. Lalu, bagaimana cara untuk meningkatkan kontak mata Anda ketika public speaking ?

Berikut cara improvisasi kontak mata saat public speaking menurut Dom Barnard seorang co-founded in VirtualSpeech :

Baca juga : Penting ! Kontak Mata Saat Berbicara di Depan Umum

1. Lihat audiens Anda sebagai pendengar tunggal
Anda dapat mencari wajah yang ramah sebelum Anda mulai berbicara. Terhubung dengan pendengar yang menurut Anda akan terlibat dengan Anda dan fokus pada audiens pada satu waktu. Anda akan lebih percaya diri dan banyak bicara.

2. Melibatkan semua audiens dalam percakapan
Anda dapat terhubung dengan audiens sebanyak mungkin. Namun, pastikan Anda dapat membagib audiens menjadi beberapa bagian dan pilih saty anggota dari setiap grup untuk terkoneksi dengan Anda.

3. Pertahankan kontak mata yang cukup lama untuk membuat koneksi
Anda dapat menggunakan waktu 5 detik pertama untuk mejalin kontak yang tepat. 5 detik ini diperlukan untuk menyelesaikan sebuah pemikiran, sehingga risiko kehilangan fokus sangat kecil.

4. Alihkan pandangan Anda apabila seseorang merasa tidak nyaman
Anda perlu mengingat bahwa tidak semua orang senang jika ditatap secara langsung. Walaupun kontak mata adalah sinyal komunikasi universal, Anda harus mengingat bahwa terdapat budaya dan norma menganggap kontak mata menyinggung dalam keadaan tertentu.

5. Persiapkan presentasi Anda lebih lanjut
Persiapan yang lebih baik memiliki makna Anda menghabiskan lebih banyak energi dan fokus berbicara, sehingga lebih sedikit waktu memikirkan apa yang harus dikatakan. Jangan lakukan melihat ke langit-langit atau lantai ketika kesulitan menemukan kata-kata, itu akan membuat terputus koneksi dengan audiens.

6.  Pastikan kontak mata saat menyampaikan pesan penting
Pastikan Anda melakukan kontak mata saat menyoroti poin-poin penting. Hal yang dimaksudkan adalah pembukaan, penutupan, dan semua garis penting lainnya. Jika Anda menggabungkan ini dengan mengekspresikan emosi, dampak terhadap kata-kata Anda akan lebih kuat.

7. Temui audiens sebelum presentasi dimulai
Anda dapat memulainya dengan menyapa saat audiens memasuki ruangan. Pada saat Anda mulai berbicara, setidaknya beberapa dari audiens sudah berada di pihak Anda.


Cobalah memperhatikan tujuh hal di atas, sehingga Anda dapat improvisasi kontak mata saat berbicara di depan umum. Dan mari tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik https://ongkyhojanto.com atau untuk menanyakan mengenai Training Motivation Mastery atau Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Gaby 0812 7194 0909

Klik disini : Cara Meningkatkan Body Language Saat Public Speaking
Semoga bermanfaat !

LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x