Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Ingin Bisa Berbicara Didepan Umum? Ini Caranya!

“Communication works for those who work at it.” John Powell

Motivator Indonesia | Public Speaking Indonesia | Ingin Bisa Berbicara Didepan Umum? Ini Caranya!

Anda pasti sering melihat orang-orang yang berpidato dengan lancar dan baik di hadapan ratusan atau bahkan ribuan orang. Kemudian Anda berpikir, bagaimana caranya mereka dapat berbicara di depan umum dengan mudah. Skill ini disebut dengan Public Speaking, softskill ini dapat dipelajari dan diasah.

Gilda Carle, kepala Pelatihan Komunikasi InterChange di Yonkers, mengatakan kebanyakan orang bingung berbicara  didepan umum, mereka merasa takut ketika harus berbicara didepan audiens. Namun mereka tahu bahwa mereka harus mulai belajar untuk mengendalikan diri mereka sendiri.

Skill ini dapat dipelajari dengan mengikut pelatihan atau kelas, Anda juga dapat membaca buku yang membahas Public Speaking sehingga anda mengerti teorinya. Namun meskipun sudah melakukan hal tersebut terkadang Anda merasa skill Anda masih kurang. 

Lalu bagaimana cara agar Anda dapat berbicara didepan umum? Berikut 4 tips mahir berbicara didepan umum:

Baca juga : Perhatikan Aturan Etika Profesional Ini !

1. Melakukan Persiapan

Jika ingin bisa berbicara di depan orang banyak, Anda harus mempersiapkan diri dengan matang sebelum berbicara di depan orang banyak. Persiapan sangat penting,  karena hal yang tidak terduga dapat saja terjadi saat Anda berada didepan audiens. Dengan melakukan persiapan, Anda akan siap untuk berbagai hal tidak terduga tersebut dan kegiatan dapatt berjalan dengan lancar.

Misalnya, dengan meneliti suatu topik yang akan dibahas, Anda akan memperkuat pikiran dan melatih keterampilan berbicara Anda. Mempersiapkan materi dan mempelajarinya lebih dalam akan membantu Anda saat sesi tanya jawab, karena mungkin saja ada pertanyaan yang membahas lebih dalam materi Anda.

2. Melatih Diri

Dengan melatih kemampuan berbicara, Anda bisa menjadi lebih percaya diri saat berbicara didepan umum. Perbanyak latihan untuk membiasakan diri Anda, sehingga kedepannya Anda akan lebih percaya diri lagi dan lebih luwes dalam penyampaian materi ke audiens.

Latihan yang dapat dilakukan antara lain, berbicara di depan cermin, merekam pidato latihan untuk mengevaluasi cara berbicara Anda, kemudian Anda dapat melakukan pidato di depan teman ataupun keluarga untuk mendapatkan umpan balik konstruktif.

3. Memperbaiki Bahasa Tubuh

Bahasa tubuh merupakan salah satu hal penting dalam berbicara didepan umum. Jika Anda hanya berdiri di satu tempat dan tidak berinteraksi dengan audiens, mereka akan menjadi tidak tertarik dengan topic yang anda bahas. Saat Anda berbicara, Anda perlu menggunakan tangan untuk membantu Anda memberikan deskripsi yang sesuai dengan apa yang Anda bicarakan.

Jadi Anda perlu melakukan kontak mata dengan mereka karena ini akan membangun kepercayaan audiens dengan anda, melangkah ke kiri dan kanan panggung untuk berinteraksi dengan audiens. Kemudian gunakan tangan Anda untuk membantu penjelasan materi saat Anda berbicara.

4. Mengamati Orang Lain

Anda pasti sering kali melihat seseorang berbicara di depan publik, entah melalui media sosial ataupun melihat secara langsung. Anda perlu mengamati orang lain yang dapat berbicara dengan percaya diri di depan umum. Dengan mengamati mereka berbicara Anda dapat mempelajari teknik dan cara berbicaranya, kemudian menerapkannya saat berbicara di depan umum.

Namun jangan meniru, Anda perlu mempelajari cara mereka dan kemudian Anda terapkan dengan gaya bicara Anda sendiri. Sehingga Anda menonjol dan lebih menarik untuk didengarkan.


Cobalah memperhatikan empat hal di atas, sehingga Anda dapat meningkatkan skill berbicara didepan umum. Dan mari tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik https://ongkyhojanto.com atau untuk menanyakan mengenai Training Motivation Mastery atau Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Caroline 081882850909

Klik disini :Tips Meningkatkan Keterlibatan Audiens Saat Public Speaking
Semoga Bermanfaat

LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x