Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Inilah 7 Tips Menjadi Rekruter Yang Baik

If you hire good people, give them good jobs, and pay them good wages, generally something good is going to happen.” – James Sinegal

Motivator Indonesia | Public Speaking Indonesia | Inilah 7 Tips Menjadi Rekruter Yang Baik

Rekruter menjadi salah satu orang penting dalam suatu perusahaan. Melakukan tugas sehari-hari dengan baik tidak cukup untuk dapat disebut rekruter yang baik. Anda harus mengetahui apa dan bagaimana cara membuat Anda menjadi seorang rekruter yang baik. Jennifer Herrity seorang Senior Content Marketing Manager Indeed mengungkapkan bahwa sebagai seorang perekrut, Anda harus memiliki keterampilan, kualifikasi yang tepat untuk melakukan pekerjaan dengan baik serta mengambil inisiatif untuk menjadi perekrut yang baik. Hal ini dapat membantu Anda dalam memastikan perusahaan terus menarik dan mempertahankan talenta terbaik. Lalu, bagaimana tips untuk menjadi rekruter yang baik?

Berikut 7 tips menjadi rekruter yang baik menurut Milena Alexandrova seorang B2B Content Writer and Copywriter pada :

Baca Juga: Tips 3M Dalam Menjadi Pemimpin Yang Baik

1. Membangun hubungan profesional
Seorang rekruter yang baik memikirkan cara untuk membangun hubungan, tidak hanya fokus pada keputusan seseorang layak atau tidak dalam suatu perusahaan. Bangunlah hubungan saat bertemu dengan orang baru untuk memberikan hal yang bermakna bagi mereka. Anda juga dapat memperluas koneksi dan membangun hubungan dengan perekrut atau profesional sumber daya manusia, kandidat, dan/atau lulusan baru agar berdampak baik pada kinerja Anda di kemudian hari pada proses rekrutmen.

2. Fokus perbaiki diri
Anda dapat melakukan analisis efektivitas untuk lowongan pekerjaan, seperti mempelajari teknik pemasaran terbaru untuk memikat kandidat. Anda dapat mengikuti perkembangan sumber daya manusia dan tren perekrutan agar membantu Anda terlihat dalam dunia rekruter.

3. Wawancara secara mendalam
Anda harus melakukan wawancara dengan topik yang lebih luas. 86% kandidat memiliki kepercayaan bahwa budaya perusahaan sangat penting dalam mencari pekerjaan. Oleh karena itu, pertanyaan yang Anda ajukan saat wawancara harus melibatkan mengenai nila-nilai, ciri-ciri kepribadian, dan cara mereka berkontribusi bekerja dengan tim. Jangan takut untuk bertanya lebih dalam dan jangan hanya terfokuskan pada keterampilan dan pengetahuan mereka.

4. Membangun nama perusahaan yang kuat
Anda sebagai perekrut adalah seseorang yang mewakili perusahaan. Anda harus mempertimbangkan bahwa 25% kandidat yang merasa tidak puas akan membuat orang lain tidak melamar lowongan di perusahaan Anda. Sehingga Anda harus memperlakukan kandidat dengan adil dan mendapatkan pengalaman positif. Semua orang ingin mencari pekerjaan dengan budaya perusahaan yang saling menghormati dan suportif.

5. Membuat skema rekrutmen
Anda harus membuat skema rekrutmen yang sesuai dan berurut. Hal ini berguna untuk memudahkan Anda melihat proses perekrutan dengan jelas. Skema ini berfungsi untuk menemukan dan merekrut kandidat terbaik.

6. Meningkatkan pengalaman kandidat
Menurut CareerPlug, 49% kandidat menolak pekerjaan karena pengalaman kandidat yang buruk. Sehingga Anda harus memperhatikan cara kandidat Anda memandang proses rekrutmen dari awal hingga akhir, yaitu dari melihat iklan pekerjaan Anda hingga menerima tawaran atau penolakan. Pastikan kandidat Anda mendapatkan pengalaman terbaik.

7. Meningkatkan sistem perekrutan
Anda dapat memperhatikan kandidat Anda melalui keterampilan yang mereka miliki, tidak hanya terbatas pada resume, gelar, dan proses wawancara. Memperhatikan keterampilan akan menunjukkan kualitas yang dimiliki seorang kandidat. Oleh karena itu, rekruter dapat fokus pada hal penting, yakni apakah seorang kandidat dapat melakukan pekerjaannya dengan baik.


Cobalah memperhatikan tujuh hal di atas, sehingga Anda dapat menjadi rekruter yang baik. Dan mari tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik https://ongkyhojanto.com atau untuk menanyakan mengenai Training Motivation Mastery atau Training Public Speaking silahkan hubungi
Ms. Gaby 0812 7194 0909

Klik disini: 5 Tips Komunikasi Efektif dalam Leadership
Semoga bermanfaat !

LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x