Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

JIS Dalam Komunikasi Interpersonal

Polemik renovasi JIS yang terjadi pada tahun 2023 ini menimbulkan pendapat pro dan kontra dari masyarakat Indonesia, ada yang berpendapat bahwa JIS sudah layak dan tidak memerlukan renovasi, namun disisi lain ada juga yang mengatakan bahwa JIS belum memenuhi standar FIFA dan harus melalui proses renovasi. Hal ini terjadi bukan tanpa sebab, kemungkinan anggaran yang mencapai 6 milyar dan pernyataan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono yang menyebut Jakarta International Stadium (JIS) belum memenuhi standar FIFA adalah penyebab utamanya. Bapak Anis Baswedan juga menyampaikan bahwa JIS adalah milik bangsa Kita dan terbuka untuk diperbaiki. Nah, Dalam komunikasi antarpribadi juga Kita harus memiliki JIS agar komunikasi antarpribadi yang Kita lakukan dapat berhasil dan berjalan dengan optimal. Lalu sebetulnya apa sih yang dimaksud dengan JIS dalam komunikasi antarpribadi atau komunikasi interpersonal ?


Pembicara | Public Speaking | Public Speaking Indonesia | JIS Dalam Komunikasi Interpersonal | Motivasi | Motivator | Motivator Indonesia

Baca Juga : Kita Berbicara Tetapi Kita Tidak Berkomunikasi

Berikut adalah JIS dalam komunikasi interpersonal :

1. Jelas

Kejelasan dalam menyampaikan pesan adalah unsur pertama yang akan menentukan keberhasilan Kita dalam berkomunikasi. Hindarilah untuk menggunakan kata-kata yang memiliki multitafsir karena hal ini justru akan membuat keambinguan dan bisa saja menyebabkan miscommunication.

2. Integiritas

Integiritas dalam komunikasi interpersonal artinya pesan yang Kita sampaikan kepada lawan bicara Kita haruslah dapat diperpangung jawabkan dan jujur apa adanya sehingga Kita dapat mendapatkan kepercayaan dari lawan bicara Kita.

3. Sopan

Dalam menyampaikan pesan Kita haruslah mematuhi unsur kesopanan karena terkadang meskipun inti pesanan yang ingin Kita sampaikan baik, namun apabila cara penyampaian Kita belum memenuhi standar kesopanan maka bisa saja pesan yang Kita sampaikan tidak dapat dimaknai dengan baik.

Inilah JIS yang harus Anda terapkan dalam komunikasi antarpribadi, mari terapkan JIS dalam setiap komunikasi antarpribadi sehingga komunikasi antarpribadi atau komunikasi interpersonal yang Anda lakukan dapat berhasil dan berjalan dengan optimal.

Ingin mendapatkan informasi menarik lainnya ?

Bisa kunjungi web Kami di publicspeakingacademy.co.id

Demikian Saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi koran kontan

Penulis buku best seller public speaking versi gramedia pustaka utama

Founder Public Speaking Academy

Klik Disini : Bangkit dari kegagalan

Semoga bermanfaat !

LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x